media tiga dimensi


1. Pengertian Media Pembelajaran Tiga Dimensi
Media tiga dimensi ialah sekelompok media tanpa proyeksi yang penyajiannya secara visual tiga dimensional. Kelompok media ini dapat berwujud sebagai benda asli baik hidup maupun mati, dan dapat pula berwujud sebagai tiruan yang mewakili aslinya. Benda asli ketika akan difungsikan sebagai media pembelajaran dapat dibawa langsung ke kelas, atau siswa sekelas dikerahkan langsung ke dunia sesungguhnya di mana benda asli itu berada. Apabila benda aslinya sulit untuk dibawa ke kelas atau kelas tidak mungkin dihadapkan langsung ke tempat di mana benda itu berada, maka benda tiruannya dapat pula berfungsi sebagai media pembelajaran yang efektif. Media tiga dimensi yang dapat diproduksi dengan mudah, adalah tergolong sederhana dalam penggunaan dan pemanfaatannya, karena tanpa harus memerlukan keahlian khusus, dapat dibuat sendiri oleh guru, bahannya mudah diperoleh di lingkungan sekitar.
Media pembelajaran tiga dimensi secara umum mempunyai fungsi untuk mengatasi hambatan komunikasi, keterbatasan fisik kelas, sikap pasif, dan mempersatukan pengamatan siswa (Haryono, tanpa tahun:16). Mengenai fungsi media pembelajaran tiga dimensi ini, Rachman (1990:114) mengemukakan bahwa “… mampu mengatasi keterbatasan pengalaman siswa dan keterbatasan ruangan kelas; memungkinkan interaksi langsung siswa dengan lingkungan; menghasilkan keseragaman pengamatan; menanamkan konsep dasar yang benar; konkret dan realistis; menimbulkan keinginan dan minat baru; membangkitkan motivasi belajar siswa atau mahasiswa; memberikan pengalaman yang integral dari yang konkret ke yang abstrak, dan mampu memvisualis fakta dan gagasn dalam bentuk tulisan, gambar visual secara ringkas dan jelas.
2. Jenis-jenis Media Pembelajaran Tiga Dimensi
Pembagian media tiga dimensi menurut jenis model dan penggunaannya terbagi menjadi lima bagian yaitu Model Padat, Model Penampang, Model Kerja, Mocks-up, dan Diorama dimana masing-masing dari kelima model tersebut memiliki ciri khas tersendiri, antara lain:
1). Model Padat (solid model)
Yaitu memperlihatkan bagian permukaan luar dari pada objek dan sering kali membuang bagian-bagian yang membingungkan gagasan-gagasan utamanya dari bentuk, warna dan susunannya. 
2). Model penampang (cuteway model)
 yaitu memperlihatkan bagaimana sebuah objek itu tampak, apabila bagian permukaannya diangkat untuk mengetahui susunan bagian dalamnya. Model ini berguna untuk mata pelajaran biologi, karena berfungsi untuk mengganti objek sesungguhnya.
3). Model kerja (working model),
 yaitu tiruan dari objek yang memperlihatkan bagian luar dari objek asli. Gunanya untuk memperjelas dalam pemberian materi kepada siswa. 
4). Mock-up 
Yaitu penyederhanaan susunan bagian pokok dan suatu proses atau system yang lebih ruwet. Guru menggunakan mock-up untuk memperlihatkan bentuk berbagai objek
5). Diograma
Yaitu sebuah pemandangan 3 dimensi bertujuan menggambarkan pemandangan sebernarnya. 
3. Karakteristik Media Pembelajaran Tiga Dimensi
Menurut Anderson (1983:29), media tiga dimensi memiliki karakteristik sebagai berikut:
a. Mencakup rupa benda-benda natural, termasuk objek (benda yang sesungguhnya), specimen (manikin), dan model atau  mock-up.
b. Menggunakan saluran penerimaan semua indra manusia yakni mencakup indra visual, dengar, taktil, penciuman, dan pengecapan.
c. Memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi (volume).
d. Pesan yang terkandung dituangkan di dalam bentuk fisiknya.
e. Dilihat dari aspek cara penyajian isinya, ada media tiga dimensi yang menyajikan pesan kandungnya secara spontan dan total.
Produksi media tiga dimensi tidak dapat lepas dari pengembangan instruksional terutama terhadap tujuan yang akan dicapai. Di samping itu, dalam memproduksi media tiga dimensi ini tidak boleh melupakan karakteristik media itu sendiri, karakteristik siswa, sifat pesan, dan prosedur penggunaanya. Membuat media ini tidak asal buat saja meskipun hasilnya baik. Tetapi harus memperhatikan prisip-prinsip dan unsur pembuatannya.
Karakteristik media dapat dilihat dari kemampuan membangkitkan rangsangan indra penglihatan, pendengaran, perabaan percakapan, maupun penciuman atau kesesuainnya dengan tingkat hirarki belajar.
Secara umum karakteristik media tiga dimensi  adalah sebagai berikut:
· Pesan yang sama dapat disebarkan keseluruh siswa secara serentak,
· Penyajiannya berada dalam kontrol guru,
· Cara penyimpanannya mudah (praktis),
· Dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan indera,
· Menyajikan objek-objek secara diam,
· Terkadang dalam penyajiannya memerlukan ruangan gelap,
· Lebih mahal dari kelompok media grafis,
· Sesuai untuk mengajarkan keterampilan tertentu,
· Sesuai untuk belajar secara berkelompok atau individual,
· Praktis digunakan untuk semua ukuran ruangan kelas,
· Mampu menyajikan teori dan praktik secara terpadu.
4. Kelebihan dan Kekurangan Media Tiga Dimensi
Kelebihan Media Tiga Dimensi yaitu,
Menurut Moedjiono (1992) kelebihan dari media visual tiga dimensi:
1)    Memberikan pengalaman secara langsung
2)     Penyajian secara konkrit dan menghindari  verbalisme
3)     Dapat menunjukkan objek secara utuh baik kontruksi maupun cara kerjanya
4)    Dapat memperlihatkan struktur organisasi secara jelas
5)    Dapat menunjukkan alur suatu proses secara jelas.
Kelemahan Media Tiga Dimensi yaitu,
1)      Tidak bisa menjangkau sasaran dalam jumlah
2)      Penyimpanannya memerlukan ruang yang besar dan perawatan yangrumit
3)      Untuk membuat alat peraga ini membutuhkan biaya yang besar
4)      Anak tuna netra sulit untuk membandingkannya
Kelebihan dan kekurangan jenis-jenis media pembelajaran tiga dimensi 
a. Model Padat
1) Kelebihan dari model padat
a) Dapat memberikan pengalaman secara langsung
b) Dapat dibuat dengan biaya yang murah
c) Dapat mengembangkan konsep realisme siswa
2) Kekurangan dari model padat
a) Tidak dapat menjangkau sasaran dalam jumlah besar.
b) Anak tuna netra sulit untuk mengaplikasikannya.
b. Model Penampang
1)  Kelebihan dari model penampang
a) Dapat memberikan pengalaman secara langsung.
b) Hasil belajar lebih mendalam dan mantap.
c) Dapat mempermudah pehaman karena merupakan pengganti obyek yang sesungguhnya.
d) Dapat dibuat dengan biaya yang relatif murah.
e) Belajar dapat difokuskan pada bagian yang penting-penting saja
2) Kekurangan dari model penampang
a) Tidak dapat menjangkau sasaran dalam jumlah yang banyak.
b) Penyimpanan memerlukan ruang dan perawatan.
c) Anak tunanetra sulit membandingkannya.
d) Jika membeli alat perga membutuhkan biaya yang besar.
c. Model Kerja
1)  Kelebihan dari model kerja
a) Memberikan pengalaman secara langsung.
b) Dapat menunjukkan objek secara utuh baik cara kerjanya.
c) Dapat memperlihatkan struktur organisasi secara jelas.
d) Dapat menunjukkan alur suatu proses secara jelas. 
2)  Kekurangan dari model kerja
a) Tidak dapat menjaangkau sasaran dalam jumlah besar.
b) Penyimpanannya memerlukan ruang yang besar dan perawatan yang rumit.
c) Untuk membuat alat peraga ini membutuhkan biaya yang besar.
d) Anak tunanetra sulit untuk mengaplikasikannya secara sempura. 
d. Mock-up
1) Kelebihan dari model mock-up
a) Memberikan pengalaman secara langsung
b) Dapat menunjukkan obyek secara utuh secara utuh baik kontruksi maupun cara kerja
c) Dapat memperlihatkan struktur organisasi secara jelas
d) Dapat menunjukkan alur suatu proses secara jelas
2) Kekurangan dari model mock-up
a) Tidak dapat menjangkau sasaran dalam jumlah besar
b) Penyimpanannya memerlukan ruang yang besar dan perawatan yang rumit
c) Untuk membuat alat perga membutuhkan biaya yang besar
d) Anak tunanetra sulit untuk membandingkannya 
e. Diorama
1) Kelebihan dari model diorama
a) Untuk memberikan pemandangan/gambaran visual dari pokok yang sebenarnya dalam bentuk kecil.
b) Membawa ke dalam kelas sebagian kecil dari pada dunia dalam bentuk diperkecil dan tiga dimensi.
c) Dapat menggambarkan peristiwa yang terjadi disuatu tempat, waktu tertentu dilihat ari posisi atau arah tertentu pula secara lebih hidup
2) Kekurangan dari model diorama
a) Tidak dapat menjangkau sasaran dalam jumlah besar.
b) Dalam pembuatan membutuhkan waktu dan biaya .
c) Dan membutuhkan kreativitas guru maupun siswa.
Langkah-langkah dalam Pembuatan Media
§ Membuat ide/gagasan/pemikiran
§ Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa
§ Merumuskan tujuan
§ Menentukan kerangka isi bahan pelajaran
§ Menentukan jenis media
§ Menentukan treatmen dan partisipasi siswa 
§ Membuat skets/story board
§ Menentukan bahan / alat yang digunakan
§ Pelaksanaan pembuatan media
§ Penyuntingan
§ Uji coba (jika mungkin dilakukan)
§ Melaksanakan kegiatan dan mengevaluasi 

Komentar

Postingan Populer