waktu senggang.pengertian,sebab dan mangfaatnya


Definisi waktu senggang
menurut joseph pieper,pengertian waktu senggang yaitu (lihat:Simon,2006:64-66)
1. Waktu senggang dalam arti harfiah adalah saat jeda dari kesibukan dan rutinitas keseharian,santai,piknik,berlibur dan bahkan terkadang waktu senggang juga dipahami untuk investigasi sebagai aktivitas yang tidak berguna dan sekedar bermalas-malasan saja.Lari dari rutinitas adalahadalah smasa-masa dimana seseorang mencoba unutuk menisi waktu senggang mereka
2. Watktu senggang berasal dari bahas yunani,yaitu skole yang dalam bahasa latin di sebut scola atau otium yang berarti luang atau rileks. Kemudian kata scole ini dalam bahasa inggris menjadi school dan leisure,jadi dalam pengertian awalnya,apa yang kita sebut sebagai sekolah,tempat pendidikan dan pengajaran itu sesungguhnya lebih berkonotasi sebagai hal-hal yang senggang,rileks,santai-bukan proses pembelajaran yang penuh denganinstruksi dan tugas-tugas sekolah yang membebani siswa
3. Waktu senggang bukan sikap(antitude)atau tindakan(act)yang terjadi kaena kekuasaan,pengaruh atau tekanan dari luar,melainkan mesti dipahami sebagai sikap mental dan spiritual.dalam pengertian pieper,waktu senggang adalah sebuah sikap kontemplatif,sikap yang tidak hanya membiarkan segala peristiwa berlalu begitu saja,melainkan sebuah imajinasi yang berpetualang yang mengumpulkan ide-ide,merumuskan penalaran,mengasah daya abstraksi,dan menajamkan intuisi
4. Waktu senggang adalah sebuah bersunyi. Kesunyian yang dimaksud di sini bukanlah kebisuan,kehampaan,apalagi kebodohan,tetapi adalah sikap keterbukaan dan penegasan
5. Waktu senggang hanya mungkin ketika manusia menyatu kepada dirinya sendiri,waktu senggang tidak harus dipertentangkan dalam waktu kerja,karena waktu senggang bisa terjadi dengan orang yang bekerja full time,seseorang bisa bekerja seharian,dan kemudian sejenak memangfaatkanwaktu untuk keluar dari pekerjaandengan cara bermain game,membuka facebook,dan lain sebagaiknya merupakan cara seseorang mengidsi waktu senggang ditengah waktu kerja yang mendesak

Definisi yang berkaitan antara lain:
l Waktu luang sebagai wkatu
Waktu luang digambarkan sebagai waktu senggang setellah segala kebutuhan yang mudah telah dilakukan dimana ada waktu lebih yang dimiliki untuk melakukan segala hal sesuai keinginan yang bersifat positif,
Contohnya:adi mengisi liburan sekolahnya dengan bermain futsal
l Waktu luang sebagai aktuvitas (leisure of activity)
Waktu luang terbentuk dari segala kegiatan bersifat mengajar dan menghibur,pernyataan ini berdasarkan pada pengakuan dari pihak the international group of the nationalsocial science of leissure menyatakan bahwa : waktu luang berisikan berbagai macam kegiatan dimana seseorang akan mengikut keinginannya sendiri baik untuk beristirahat,menghibur diri sendiri,menambah pengetahuan atau mengembangkan ketrampilan secara objektif atau mengikut sistem di masarakat
l Waktu luang sebagai suasana hati dan mental yang positif (leisure as an end it self or a state of being )
Piepper beranggapan bahwa “waktu luang harus dimengerti sebagai hal yang berhubungan dengan kejiwaan dan sikap yang berhubungan dengan hal-hal keagamaan
l Waktu luang sebagai sesuatu yang memiliki arti yang luas(leissure as embarancing)
Menurut dumadezirer,waktu luang adalah relaksasi,hiburan dan pengembangan diri,dalam ketiga aspek tersebut mereka akan menemukan kesembuhan dari rasa lelah,pelepasan diri darinrasa bosan,dan kebebasan dalam hal-hal yang menghasilkan
l Waktu luang sebagai salah satu cara untuk hidup(leissure as away of livinng)
Seperti yang di jelaskan oleh gonoda dan godbye dalam buku the evolution of leissure “waktu luang adalah suatu kehidupan yang bebas dari tekana yang berasal dari luar kebudayaan dan lingkungannya sehingga mampu untuk bertindak sesuai dengan kasih yang tak terelakkan yang bersifat tak menyenangkan,pentas dan menyediakan dasar untuk keyakinannya

Sebab manusia membutuhkan waktu luang
u manusia adalah makhluk yang diciptakan oleh sang tercipta dengan segala keterbatasan yang dimiliki
Maksudnya adalah manusia penuh dengan segala keterbatasan,manusia tidak akan bisa bekerja terus menerus dan membutuhkan waktu unutk istirahat,itu adalah kodrat manusia yang biar bagaimanapun hars diterima dengan sepenuh hati
Contoh:seorang karyawan tidak akan sanggup untuk bekerja di kantor sepanjang hari,dia membutuhkan malam untuk beristirahat
u Manusia adalah makhluk sosial
maksudnya adalah sejak awal manusia adalahmakhluk sosial.manusia juga membutuhkan waktu untuk bersosialisasi dengan masyarakat bertujuan untuk meningkatkan kerjasama anta personal
Contohnya:andi membutuhkan libur di hari minggu karena ada kegiatan karang taruna di tempat tpiggalnya
u Manusia adalah makhluk individu
Terkadang manusia juga butuh waktu senggang untuk menyendiri,manisia juga memembutuhkan waktu menyendiri yang bertujuan untuk memikirkan segala permasalahan,mencari ide dan peluang yang baru,dan lain sebagainya tergatung dari jrnis apa yang membutuhkannya
Contoh:[seorang penulis membutuhkan waktu luang untuk menyendiri agar dapat mencari ide baru untuk karyanya

Mangfaat mengisi waktu luang
Menurut soterinah soemardji(triatmoko,2007) yaitu :
1.mangfaat untuk diri sendiri
Ø Meningkatkan kesejahteraan jasmani
Ø Meningkatkan kesegaran mental dan emosional
Ø Membuat kita mengenal diri sendiri
Ø Mendukung konsep diri serta harga diri
Ø Sarana belajar dan pengembangan kemampuan
Ø Pelampiasan ekspresi dari keseimnbangan jasmani,mental,intelektual,spiritual dan estetika
Ø Melakukan penghayatan terhadap apa yang anda suka tanpa tidak memperdulikan segi materi
Ø Sebagai waktu untuk mencari penghasilan tambahan
2. Mengisi waktu luang bagi sosial,yaitu:
ü Meningkatkan daya kerja sehingga menacu prestasi dan produktivitas
ü Menambah produktivitas sehingga meningkatkan lapangan pekerjaan
ü Meningkatkan kehidupan masarakat

WAKTU SENGGANG DALAM PANDANGAN SOSIOLOGI EKONOMI 
 Di era masyarakat yang makin modren dan birokratis di akui atau tidak,dyunia kehidupan manusia sering kali di kuasai oleh kerja,manusia dari hari ke hari bahkan dari jam ke jam selalu di sibukkan dengan aktivitas kerja. Bisnis dan upaya untuk mencari penghasilan demi kelangsungan hidup keluarganya,tidak ada satupun warga masarakat ketika beranjak dewasa bercita-cita menjadi tergantung dari bantuan orang lain sepanjang memungkinkan,niscaya siapapun akan berkeinginan memperoleh pekerjaan dan melakukan kerja produktif yang menghasilkan uang
Aliansi adalah keterasingan individu dari diri mereka sendiri dari orang lain,menurut max,keterasingan berakar dalam struktur sosial yang menyangkal sifat esensial manusia diwujudkan dalam kerjasama dengan orang lain marx mulai mengidentifikasi empat manifestasi khusus aliansi
1. Pekerja di asingkan dari karyanya karena apa yang dia produksi di ambil dari orang lain
2. Buruh terasing dari tindakan produksi,bekerja bagi buruh menjadi aktivitas asing yang tidak menawarkan kepuasan intrinsik karena dipaksakan kepada pekerja secara eksternal dan menjadi tujuan akhir itu sendiri,pekerjaan merupakan perintah orang lain
3. Pekerja terasing dari sifat kemanusiaannya karena 2 rek pertama alinasi merengut aktivitas produktif yang merupakan kkualitas kemanusiaan,hal yang membedakan dari aktivitas binatang sehingga mendefinisikan sifat kemanusiaan
4. Pekerja tereleminasi dari dari orang lain kapitalisme mengoyah hubungan luar,orang menilai sebagai satu sama lain sebagai reifikasi,sebagai pekerja atau sebagai kapitalis dan bukan sebagai individu bercrombie
di mata kelompok kapitalis yang menganghungkan kerja,waktu senggang umumnya dikenal sebagai kemalasan seseorang,yang dalam dunia perkembangan bahkan tak jarang dinila immoral yang kontradiktif bagi hasil pembangunan yang positif. Dalam kehidupan masarakat kapitalisme,mengisi waktu senggang untuk kegiatan rekreatif,bukan utuk kerja produktif umumnya akan dipandang sebagai tindakan yang sia-sia,dan karena ituidentik dengan dengan perilaku yang bermalaan yang berbeda dengan spirit kerja keras yang didengung kapitalis. Di era kapotalisme,dalih yang berlaku umumnya adalah kunci kesuksesan yaitu kerja keras,dan hal itu bertolaj belakang dengan dengan gagasan tentang arti penting waktu sengggang
The leisure class
Kelompok masyarakat cenderung memangfaatkan waktu senggang untuk mengembangkan perilaku konsumsi bahkan dalam skala berlebihan. Dalam bukunya yang terkenal the teory of the leisure class, veblen berkeyakinan bahwa yang namanya perilaku manusia,khususnya perilaku konsumen mereka umumnya berkaitan dengan naluri dengan proses interaksi yang mereka kembangkan dalam kehiduoan sehari-hari
Dalam pandangan veblen,di masakat muncul perilaku komsumsi yang mencolok,(consicuous comsumption)karena pada dasarnya manusia bukanlah makhluk yang otonom,melainkan apa yang mereka lakukan dan konsumsi sesungguhnya banyak yang di pengaruhi manusia untuk dinilai lebih dari orang disekitarnya.
Meski kelakauan manusia,menurut thorstein veblen tidak bersifat mekanistis determinitis, tetapi naluri atau instinc manusia bagaimanapun tetap menjadi predisposisi yang menggairahkan manusia agar memikirkan dan mengusahakan tujuan tertentu,veblen membedakan empat naluri yang berpengaruh atas kelakuan orang,yaitu:
Ø cenderung menganggap kerja tangan dari kegiatan yang berhubungan dengan pencarian nafkah sehari-hari sebagai hal yang tabu
Ø cenderung mendemonstrasikan kebebasan
Ø cenderung sibuk memajukan macam-macam pengetahuan
Ø tidak hanya memiliki keberanian untuk membeli dan memamerkan kemewahan,tetapi juga korupsi,kemewahan dan tindakan kotor lainnya

Komentar

Postingan Populer