Pengajaran berbasis perbedaan individual dan lingkungan


PENGAJARAN BERBASISI PERBEDAAN INDIVIDUAL


A .KONSEP PERBEDAAN INDIVIDUAL
Pengajaran tradisional menitikberatkan pada pengajaran klasikal.guru mengajarkan bahan yang sama dengan metode yangsama dan penilaian yang sama pada semua siswa,dan dianggap akan menghasilkan hasil yang sama bagi semua siswa
Mereka mengetahui bahwa antara individu-individu terdapat berbagai persamaan,akan tetapi lebih banyak perbedaan. Perbedaan itu terutama tampak pada abilitas,emosional,dan minat. Perbedaan dan kesamaan itu sulit ditelusuri lebih rinci,karena suatu individu sangat kompleks.itulah sebabnya,kita tidak mungkin menuntut hak yang sama kepada semua siswa.karena itu perlu ditimbangkan dan memperhatikan perbedaan individual dalam suatu pengajaran dalam situasi tadi terjadinya interaksi antaa guru dan siswa yang jumlahnya banyak dalam satu kelas

1.pengertian perbedaan individual
Individu adalah suatu kesatuan yang masimg-masing memiliki ciri khasnya,dan karena itu tidak ada dua individu yang sama. Ini dapat disebut sebagai suatu kepastian dan kenyataan. Perbedaan individual dapbat dilihat dari dua segi,yaitu segi horizontal dan vertikal,perbedaan dari segi horizontal,setiap individu berebda dengan yang lainnya seperti tingkat kecerdasan,abilitas,minat,emosi,dan lain sebagainya
Ada dua faktor yang menyebabkan terjadinya perbedaan individualyaitu faktor waris keturunan dan fakto pengaruh lingkungan.antara kedua faktor itu terjadi korvegensi,mungkin pada satu individu faktor pengaruh keturunan lebih dominan,sedangkan pad individu lainnya pengaruh faktor lingkungan yang lebig dominan,perbedaan individual daoat dikembalikan kepada interaksi antara kedua faktor tersebut berdasarkan asumsi,bahwa setiap pertumbuhan danperkembangan tentu disebabkan oleh kedua faktor tersebut,sebagai contoh ada dua anak orang yang kembar,dapat dipasatikan memiliki warisan keturunan yang sama.,namunternyata tetap terjadi perbedaan karena pengaruh lingkungan memberikan pengaruh dan pengalaman tersendiri
2. Jenis Perbedaan Individual
Perbedaan individual menunjukan banyak vaiasi dan variabilitas,ada baiknya perbedaan-perbedaan itu ditinjau lebih jauh dan lebih khusus,terutama pada beberapa jenis aspek perbedaan serta ciri-cirinya
a.Kecerdasan(intelegensi)
Siswa yang tingkat kecerdasannya umumnya belaja lebih lambat. Mereka memerlukan banyak latihan yagn bermakna,dan membutuhkan lebih banyak latihan yang bermakna,dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk maju dari bentuk belajar satu ke bentuk belajar yang lain. Mereka kurang mampu melakukan abstraksi. Siswa yang memiliki IQ yang tinggi,umumnya mempunyai tingkat pertumbuhan yang baik,belajar cerpat,kurang memerlukan latihan,dam ,a,pu ,emyesuaikan diri dan pekerjaan dalam waktu singkat,mampu menarik kesimpulan dan melakukan abstraksi
b.Bakat(aptitude)
Bakat besar pengaruhnya terhadap perkembangan seseorang. Untuk mempengaruhi bakat siswa diperlukan pengunaan tes bakat(aptitude test)misalnya pada waktu permulaan masuk sekolah. Berdasarkan hasil tes tersebut dapat diperkirakan hasil belajar. Selain itu bakat seseorang turut menentukan perbedaan dalam hal:hasil belajar,sikap,minat,dan lain-lain
c.Keadaan jasmaniah
Pada siswa berbeda dalam hal tinggi,berat,dan koordinasi organ-organ badannya,ada ynag badann0ya.ada yang badannya tinggi- kurus ada pula yang pendek-gemuk,dan ada pula yang atletis,disamping itu,ada pulayang handikap,misal penglihatan kurang jelas,punya penyakit asmaatau gangguan penyakit lainnya.disamping itu terdapat siswa yang energik dan mudah serta sukla melakukan berbagai kegiatan,atau membuat suatu yang di minatinya
d. penyesuaian sosial dan emosional 
Karakteristik sosial dan emosional adalah dua sikap yangerat kaitannya antara satu dengan yang lainnya,berbagai altenatif kondisi sosial dan emosional dapat terjadi di kalangan siswa(peserta didik)seperti:pendiam,dan lainsebagainya
e. Latar belakang keluarga
Keadaan keluarga mepengaruhi individu siswa,banyak faktor yang bersumber dari keluarga,tingkat pendidikan orangtua,tingkat ekonomi,hubungan antara kedua orang tuanya bekerja,dan lain-lani,faktor-fakotr ini akan memberikan pengalaman kepada anak-anka dan akan menimbulkan perbedaan dalam minat,apresiasi,sikap,pemahaman,ekonomis.perbedaan ini akansangat berpengaruh dalam tingkah laku dan pemuatan belajar di sekolah
f. Hasil belajar
Perbedaan hasil belajar di kalangan para siswa di sebabkan oleh berbagai alernatif faktor-faktor,antara lain:faktor kematangan akibat dari unsur kemajuan unsur kronologis,latar belakang pribadi masing-masing,sikap dan bakat terhadap suatu belajar yang diberikan
g. Peran siswa yang menghadapi kesuliran-kesulitan dalam handikap jasmani,kesulitan berbicara,kesulitan menyesuaikan sosial
 demikian akan menghadapi kesulitan demikian adalam menghadapi kesulita pula untuk ikut serta. Berkomunikas dan menyesuaikan diri dalam kehidupan kelompok,menambah pengetahuan,bekerjasama,karena itu guru hendaknya mempelajari kesulitan itu agar ia dapat memberikan bantuan dan bimbingan seperlunya dan mengusahakan agar teman sekelasnya dapat memberikan simparti dan bantuan kepada teman-teman yang menghadapi kesulitan tersebut,sehingga memperoleh kemampuan belajar
h. Siswa yang cerdas dan lamban belajarnya
Ciri-ciri siswa yang cerdas
1. Mempunyai energy yang lebuh besar 
2. Dorongan ingintahunya lebih besar
3. Sikap sosialnya lebbih aktif,
4. Mampu melakukan abstraksi
5. Lebih cepat dan lebi jelas menghayati hubungan-hubungan
6. Berkerja atas dasar rencana dan insiatif sendii
7. Suka menyelidiki dan yang baru dan lebih luas
8. Lebih mantap dengan rutinitas sederhana
9. Lebi cepat mempelajari proses mekanis
10. Tidak menyukai tugas yang tidak dimengerti
11. Tidak suka cara menggunakan cara hapalan dalam ingatan
Cirri- cirri siswa yang lambat 
1. Ia belajar dengn unti-unit yang lebih singkat
2. Ia butuhsering diperiksa kemajuannya dan perlu banyak perbaikan
3. Ia perlu memiliki banyak kata-kata baru untuk memperjelas pengertian
4. Ia perlu memiliki banyak kata-kata baru untuk memperjelas pengertian
5. Ia tidak melihat adanya kesimpulan atau pengertia seseudahnya
6. Ia kurang memiliki abilitas kreatif dan abilitas untuk perencanaan
7. Ia lebih lambat memperoleh ketrampilan mekanis dan metodik
8. Ia lebih mudah mengerjakan tugas-tugas tetapi suit membaca dan meakukan abstraksi
9. Ia cepat mengambil kesimpulan bagi kurang kritis dan mudah puas dengan pernyataan dangkal
10. Ia krang senang atas kemajuan orang lain
11. Ia mempunyai pengalaman yang tidak menyenangkan 

B. CARA MELAYANI PERBEDAAN INDIVIDUAL
1.akseklerasi dan program tambahan
Terhadap para siswa yang cerdas dapat dilakukan dua cara agar perkembanganberjalan dengan kemampuannya
a) akseklerasi memberi kesempatan kepada siswa bersangkutan untuknaik ke peringkat kelas berikutnya lebih cepat(double promotion)satu atau dua kali sekaligus
b) Program tambahan:kepadanya iberikan tugas-tugas tambahan dalam setiap tingkatan kelas,denver school memberikan pelayanan terhadap para siswa yang cerdas,dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1) identifikasi:mencari dan menemukan anak-anak yang tergolong cerdas yang memiliki IQ 125 ke atas
2) Modifikasi kurikulum:menyediakan pengalaman yang lebih luas dan lebih dalam dibandigkan dengan kurikulumbiasa,caranya diberikan secara individual dalam kelompok biasa,atau dalam kelompok berdasarkan abilitas dan penemuan kelas-kelas khusus
3) Artikulasi: setiap guru yang mengajar siswa tersebut memberi petunjuk kepada guru penggantinya,demikian pula sekolah juga memberikan petunjuk kepada sekolah berikutnya 
4) Evaluasi:Keberhasilan program ini diukur dari kualitas hasil belajar siswa

2. Pengajaran individual
Ada beberapa jenis pengajaran individual,ialah sebagai berikut
a). Ada setiap individu tugas.pengajaran dan evaluasi dilakukan terhadap masing-masing individual. Bentuk pengajaran ini tergolong pelajaran ekstrim dan pengajaran individual
b)Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang diberi pengajaran kelompok dan tugas-tugas secara okasional. Evaluasi dilakukan dalam kelompok tes kelompok
c)Setiap siswa maju dalam kecepatan tersendiri tetapi masing-masing mempunyai dasar yang sama,yang dilengkapi derngan dengan tugas tahunan dalam waktu 6 bulan sampai 8 bulan atau satu setengah tahun tergantung pada kemampuannya
Keuntungan pengajaran individual sebagai berikut:
1). Memungkinkan siswa yang lama daoat maju menurut kemampuan masing-masing secara penuh dan tepat
2)Mencegah terjadinya ilusi dalam kemajuan tetapi bersifat nyata melalui diskusi kelompok
3)Mengarah perhatiann siswa pada hasil belajar perorangan 
4)Memusatkan pengajaran terhadap mata pelajaran dan pertumbuhan yang bersifat mendidik,bukan karena tuntutan guru
5)Memberi peluang kepada siswa terhadap hasil belajar perorangan
6)Latihan-latihan tidak diperlukan bagi anak yang cerrdas,karena dapat menimbulkan kebiasaan dan merasa puas dengasn hasil percapaian yang ada
7)Menumbuhkan hubungan pribadi yang menyenangkan antara siswa dengan guru
8)Memberi kesempatan bagi para siswa yang pandai untuk melatih inisiatif tersebut yang lebih baik
9)Mengurangi hambatan yang mencengah eleminsii terhadap para ssswa yanfg tergolong lambat

3.pengerjaan unit
Pengerjaan unit dilaksanakan denganprosedur sebagai berikut,siswa dibagi menjadi kelompok kecil,tiap individu mendapatkan tugas sesuai dengan minat dan kemampuannya,siswa yang lamban akan memilih tugas dan bahan yang mudah,sedangkan siswa yang cerdas akan memilih tugas yang lebih rumit. Kelompok=kelompok tersebut saling bertukar pengalaman,dan hasil kerja perorangan  ayang pada akhirnya akan menjadi hasil kerja keras
4. Kelas khusus bagi siswa yang cerdas
Kelas-kelas khusus ini dapat dibentuk baik pada waktu anak masuk sekolah berdasarkan hasil tes intelegensi maupun pada akhir tahun sebagai persiapan untuk tahun ajaran berikutnya. Cara terakhir ini ditempuh karena sudah tampak dengan jelas tingkat kepandaiannya,dan terpilih dari anak yang berada di tinglat rata-rata
5. Kelas remedi bagi para siswa yang lamban
Pada suatu kelas umumnya terdapat beberapa orang siswa yang tergolonglamban pada mata pelajaran tertentu,para siswa yang lamban dalam satu atau beberapa mata pelajaran yang sama dikelompokkan dalam satu kelompok untuk memperoleh bantuan/bimbingan secara khusus supaya mereka berada kembali stingkat dengan yang lainnya dalam kelas tersebut
6. Pengelompokan berdasarkan abilitas
Berdasarkan abilitas siswa,kelas dibagi menadi tiga kelompok, yaitu kelompok kurang,kelompok sedang,dan kelompok pandai,pembagian kelompok ini dilakukan setelah guru melakukan penelitian dengan seksama dikelas. Guru melakukan kriteria sebagai berikut:
a. Hasil tes intelegensi umum
b. Perolehan angka rata-rata oleh setiap negara
c. Angka rata-rata tahun pertama dengan mata pelajaran yang sedang ditempuh
d. Hasil tes objektif mengenai bidang pengajaran pada tahun pertama
Berdasarkan kelompok tersebut,guru berkesempatan untuk menyesuaikan dan mendifenisikan bahan pengajaran dan metode mengajar sesuai dengan ibdividu
7. Pengolompokan informal (kelompok kecil dalam kelas
Kelas di bagi menjadi beberapa kelompok,tiap-tiap kelompok terdiri dari minart dan abilitas masing-masing. Di dalam kelompok itu siswa bekerja dan belajar lebih menyenangkan dan merangsang,peer yang ada dalam kelompok tersebut akan mendorong individu untuk maju


PENGAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN
C. KONSEP LINGKUNGAN
Ada dua istilah yang sangat erat kaitannya tetapi berbeda secara gradual,ialah “alam sekitar”dan “lingkungan”. Alam sekitar mencakup segala hal yang ada disekitar kita,baik yang jauh maupun yang dekat letaknya,baik masa silam maupun masa yang akan datang tidak terikat pada dimensi ruang dan waktu. Lingkungan adalah segala sesuatu hal yang ada di alamsekitar yang memiliki makna dan pengaruh tertentu pada individu
Lingkungan(environment) sebagai dasar pengajaran adalah faktor kondisional yang mempengaruhi tingkah laku individu yang merupakan faktor belajar yang penting.lingkungan belajar/pembelajaran/pendidikan terdiri dari faktor ini :
1. Lingkungan sosial adalah lingkungan masyarakat baik kelompok besar ataupun yang kecil
2. Lingkungan personal meliputi individu-individu sebagai suatu probadi yang berpengaruh pada individu pribadi lainnya
3. Lingkungan alam/fisik meliputi semua sumber daya alam yang dapat diberdayakan sebagai sumber bekajar
4. Lingkungan kultural mencakup hasil budaya dan teknologi yang dapat diberdayakan sebagai sumber belajar yang dapat menjadi faktor pendukung pengajaran,dalam konteks ini termasuk sistem nilai,norma dan adat kebiasaan
Suatu lingkungan pendidikan/pengajaran memiliki fungsi sebagai berikut :
1. Fungsi psikologis ; stimulus bersumber dari lingkungan yang merupakan rangsangan terhadap individu sehingga terjadi respon yang menunjukan tingkah laku tertentu
2. Fungsi pedagogik ; Lingkungan memberi pengaruh-pengaruh ysng bersifat mendidik,khususnya lingkungan yang sengaja disiapkan sebagai suatu lembaga pendidikan
3. Fungsi instruksional; program instruksional merupakan suatu lingkungan pengajaran/pembelajaran ysng dirancang secara khusus,guru yang mengajar,materi pengajaran,sarana dan prasarana pengajaran,media pengajaran,dan kondisi lingkungan kelas(fisik)merupakan lingkungan yang sengaja dikembangkan untuk mengembangkan tingkah laku siswa

D. PENGAJARAN BERPUSAT PADA MASYARAKAT
Model pengajaran yang berpusat pada masyarakat adalah suatu bentuk pengajaran yang memadukan antara sekolah dan masyarakat dengan cara pembawaan sekolah kedalam masyarakat atau membawa masyarakat ke dalam sekolah guna mencapai tujuan pelajaran/pendidikan yang tela ditetapkan
Pengajaran berpusat pada masyarakat memiliki karakteristik sebagai berikut:
a. Pengajaran berorientasi pada masyarakat
b. Pengajaran bertujuan untuk memperbaiki taraf hidup masyarakat
c. Kurikuum yang akan menjadi landasan pengajaran terdiri dari proses-proses dan dan masalah-masalah sosial
d. Kegiatan belajar memadukan antara kegiatan langsung di masyarakat dengan kegiatan belajar yang bersumber dari buku teks
e. Disiplin kelas berdasarkan pada tanggung jawab bersama bukan berdasarkan paksaan atau kebebasan mutlak
f. Metode pengajaran menitikberatkan pada pemecahan masalah untuk memenuhi kebutuhan perorangan dan kebutuhan sosial kelompok
g. Bentuk hubungan dan kerjasama sekolah dengan masyarakat adalah mempelajari sumber masyarakat,menggunakan sumber,dan memperbaiki masyarakat tersebut
h. Stategi prngajaran meliputi karyawisata,manusia(narasumber),survei masyarakat,berkemah,kerja pengalaman,pelayanan masyarakat,proyek perbaikan masyarakat,dan sekolah pusat masyarakat
1. Prosedur belajar
Prosedur pengajaran terdiri dari empat tingkatan, dari konkret menuju ke abstrak,dari abstrak menuju knokret,tingkatan belajar itu adalah sebagai berikut :
a) Tingkat 1 : belajar langsung melalui masyarakat yang dilaksanakan dalam bentuk karyawisata,manusia sumber,survei dan pengabdian sosial
b) Tingkat 2 : belajar langsung melalui kegiatan-kegiatan ekspresi,seperti mengambar,menari dan dramatis
c) Tingkat 3 : Belajar tak langsung melalui media audio visual,seperti peta, model. Grafik, film, televisi, dan internet
d) Tingkat 4 : Belajar tak langsung melalui simbol kata,seperti buku, ceramah, diskusi,dll
Pengajaran yang berpusat kepada masyarakat terutama dititik beratkan pada tingkat belajar langsung melalui masyarakat yang konkret
2. Beberapa kebaikan
Pengajaran yang berorientasi dan/atau berpusat pada masyarakat memiliki beberapa kebaikansebagai berikut :
a) Pengajaran bersifat realistis,karena hal-hal yang dipelajari bersumber dari kehidupan yang nyata. Para siswa dapat mengamati kenyataan sesungguhnya dalam masyarakat dan kehidupam masyarakat yang bersifat kompleks
b) Pengajaran ini menumbuhkan kerjasama dan integrasi antara sekolah dan masyarakat dan masyarakat masuk ke lingkungan sekolah.metode karyawisata dan manusia sumber merupakan kesempatan belajar yang efektif bagi siswa dalam kerangka pepaduan antara kedua institusi tersebut. Dengan demikian,kesenjangan antara sekolah dan masyarakat yang terjadi selama ini barada pada tingkat minimal
c) Model pengajaran ini memberikan kesempatan luas bagi siswa untuk melakukan kerja secara efektif (CBSA),yang dianjurkan oleh teori belajar modern. Para siswa merencanakan sendiri,mencari informasi sendiri,mencari informasi sendiri,melakukan kegiatan proyek sendiri,dan memecahkan berbagai masalah sendiri,baik melalui belajar individual maupun belajr kelompok
d) Prosedur pengajaran memberdayakan semua metode dan tekhnik pengajaran secara sistematis daan bervariasi,seperti ceramah,diskusi,kerja kelompok dan eksperiman
e) Model pengajaran ini didasarkan pada konsep pendidikan education is here and now. Pendidikan adalah membantu siswa agar mampu berperan dalam kehidupan sekarang ini dan disini. Sekarang ini artinya hal-hal yang telah dipelajari berdaya guna dan berhasil guna untuk menghadapi tantangan yang ada dewasa ini. Di sisi artinya hasil pendidikan dapat diterapkan di masyarakat sekitarnya dimana dia tinggal. Jadi,pendidikan itu pada hakikatnya bukan mengacu kemasa depan yang relatif masih jauh dan bukan pula menyiapkan siswa untuk hidup di masyarakat yang belum di kenal dengan baik. Pendapat ini dilandasi pada asumsi bahwa setiap masyarakat memiliki sistem nilai,norma-norma, adat istiadat,budaya,pola hidup,pola makan dan banyak hal yang berbeda antara masyarakat satu dengan yang lainnya
3, sumber-sumber masyarakat 
Model pengajaran berpusat pada masyarakat memberdayakan secara optimal secara optimal semua sumber masyarakat untuk kepentingan pembelajaran siswa. Masyarakat secara keseluruhan memiliki berbagai dimensi seperti keluarga,pendidikan,teknologi,ekonomi,sosial,budaya dan berbagai dimensi kehidupan lainnya. Dimensi-dimensi tersebut mengandung aspek-aspek manusiawi,kelembagaan,sistem kehidupan,model kerja, dan kondisi situasi dengan karakteristiknya sendiri

Komentar

Postingan Populer