Manajemen Koperasi


PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN 
1. Manajemen
  Manajemen berasal dari kata to manage yang artinya mengelola atau mengatur. Sedangkan secara definitip pengertian manajemen adalah seni dan ilmu untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya dengan menggunakan bantuan tenaga dan pikiran orang lain. Manajemen merupakan suatu kegiatan atau serangkaian tindakan atau proses untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, melalui kerja sama dengan orang lain. Sebagai arti dari serangkaian tindakan adalah dalam mencapai tujuannya, diperlukan adanya kerja sama yang rasional dan efektif, dengan berbagai tindakan yang saling berkaitan.
Menurut Alex Dasuki memiliki beberapa fungsi berturut-turut sebagai berikut:
§ Perencanan (planning) merupakan suatu keputusan tentang apa yang dilakukan  untuk mencapai tujuan.
§ Pengorganisasian (organizing) merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh seorang pimpinan untuk menggabungkan dan mengatur sumber daya yang dimiliki.
§ Pengarahan (actuating) pengarahan terhadap orang-orang agar mau bekerja sama secara sadar suatu kelompok kerja guna mencapai tujuan.
§ Koordinasi (coordinating) adalah suatu usaha memadukan atau menyamakan berbagai arahan atau aneka perintah untuk dijadikan satu tujuan atau satu arah yang sama, menyelaraskan masing-masing anggota yang terkait.
§ Pengawasan (controlling) merupaka tindakan yang sistematis dari manajemen untuk mengarahkan agar setiap pelaksanaan kerja sesuai dengan apa yang telah ditentukan semula.
  Dengan kata lain, sarana atau alat manajemen yang digunakan untuk mencapai tujuan antara lain adalah :
ü Orang (man) yang mengatur atau mengelola sumber daya yang ada.
ü Uang (money) sebagai alat yang digunakan agar SDM bisa bekerja.
ü Bahan (material) bahan yang dibutuhkan dalam suatu organisasi.
ü Metode (cara kerja) langkah yang digunakan untuk menjalankan organisasi.
ü Pasar (market) sasaran yang menjadi tujuan pemasaran produk.
2. Koperasi
o Menurut UU NO. 25/1992, Koperasi didefinisikan sebagai:
Badan usaha yang beranggotakan orang seorang, atau Badan Hukum Koperasi, dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip-prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan azas kekeluargaan.
o Moh. Hatta, mendefinisikaan bahwa:
Koperasi adalah usaha bersama untuk memperbaiki nasib penghidupan ekonomi 
berdasarkan tolong menolong.
Jadi, definisi koperasi secara umum merupakan badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.
3. Manajemen Koperasi
  Jadi,dari beberapa definisi manajemen dan koperasi di atas dapat di simpulkan pengertian manajemen koperasi secara umum yaitu:
a) Manajemen koperasi dapat diartikan sebagai suatu proses untuk mencapai tujuan melalui usaha bersama berdasarkan azas kekeluargaan.
b) Manajemen koperasi adalah suatu proses untuk mencapai tujuan usaha bersama berdasarkan azas kekeluargaan. Untuk mencapai tujuan koperasi, perlu diperhatikan adanya sistem manajemen yang baik, agar tujuannya berhasil.
  Namun untuk mencapai tujuan koperasi, perlu diperhatikan adanya sistem Manajemen yang baik, agar tujuannya berhasil, yaitu dengan diterapkannya fungsi-fungsi-fungsi manajemen.
a) Planning (perencanaan)
b) Organizing (pengorganisasian)
c) Actuating (penggerakan untuk bekerja)
d) Controlling (pengawasan /pengendalian)
Didalam perkembangaan koperasi, pengalaman menujukkan bahwa makin maju makin berkembang usaha koperasi, makin sulit melaksanakan sistem multi                   pupose. Jika dibedakan antara alat perlengkapan koperasi (rapat anggota, pengurus, dan badan koperasi, manajer dan usaha koperasi) dan unsur-unsur manajemen koperasi (unsur-unsur organisasi koperasi plus pemerintah)
4. Manajemen Dalam Pengembangan Koperasi
o Proses manajemen dalam pengembangan koperasi “ bunyi pasal 33 undang-undang 1945 berbunyi ”
1. Perkonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas azas kekeluargaan.
2. Cabang produksi yang penting bagi negara yang menguasai hajad hidup orang banyak dikuasai negara.
3. Bumi, air dan kekayaan alam yang tergantung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar kemakmuran rakyat.
Koperasi hakekatnya dibangun untuk memberdayakan masyarakat dari kesulitan, kekurangan, kelemahan dan kemiskinan. Misi ini sangat erat kaitanya  dengan pola pengaturan kelembagaan dari masyarakat itu (komunitas anggota koperasi) sendiri membangun kesejahteraan secara bersama-sama (goal). Untuk mencapai tujuan kopearsi tersebut maka koperasi harus menunjukkan jatidirinya yang mandiri.
Koperasi menurut undang-undang no. 12 tahun 1967 adalah ; Tentang pokok-pokok perkoperasian. Jadi ciri-ciri koperasi dapat disimpulkan adalah;
o Kekuatan tertinggi ada pada rapat anggota.
o Satu anggota satu suara.
o Koperasi mengutamakan pelajaran terhadap anggota.
o Koperasi melakukan pendidikan bagi anggota.
o Manajemen untuk meningkatkan kesejahteraan.
5. Fungsi Manajemen Bagi Pengelola (MANAJER)
a. Manajer
Manajer adalah seorang tenaga profesional yang dimiliki kemampuan sebagai pemimpin tingkat pengelola, yang diangkat dan diberhentikan oleh pengurus setelah dikonsultasikan dengan pengawas.
b. Tugas, Fungsi dan Tanggung jawab manajer ;
§ Tugas manajer adalah mengkoordinasikan seluruh kegiatan usaha, administrasi, organisasi  dan ketatalaksanaan serta memberikan pelayanan administrasi kepada pengurus dan pengawas.
§ Untuk melaksanakan tugas tersebut, manajer berfungsi ;
i. Sebagai pemimpin tingkat pengelola.
ii. Merencanakan kegiatan usaha, kepegawaian dan keuangan.
iii. Mengkoordinasikan kegiataan kepala-kepala unit usaha, kepala sekretariat dan kepala keuangan dalam upaya mengatur, membina baik yang bersifat tehnis maupun administratif.
6.Dukungan Manajemen Terhadap Koperasi
      1.  Dukungan anggota terhadap koperasi
Dalam pengertian model, kegiatan usaha koperasi merupakan percerminan     dari modal nasional semesta, yang hakikatnya adalah Sumber daya pontesi dan peran serta masyarakat.
2. Konsekuensi manajemen koperasi
Konsekuensi manajemen koperasi bersifat demokrasi adalah untuk membina dan mengembangkan kecerdasan anggota khususnya dan anggota masyarakat umumnya terutama mengenai tata kehidupan koperasi sendiri.
3. Masalah anggota dalam manajemen koperasi
Masalah anggota dalam manajemen koperasi adalah Merupakan masalah yang sangat penting, dan hal ini jelas, bukan konsentrasi modal pemiliknya.
Jadi syarat-syarat untuk menjadi anggota koperasi adalah;
1. Anggota masyarakat yang mempunyai usaha.
2. Usaha itu berkaitan dengan usaha koperaasi.
3. Mampu melaksanakan hak dan memikul tanggung jawab sebagai anggota
4. Mempunyai rasa individualis, soladiritas, outoaktivitas.



B. Manajer Dalam Koperasi
  Istilah manajer untuk koperasi mulai diperkenalkan di Indonesia pada akhir tahun 1970-an tetapi sesunggunya sebelum tahun tersebut, banyak koperasi yang dalam bidang administrasi perkantorannya diserahkan kepada seorang manajer, yang lebih dikenal dengan istilah administrator (trimudilah, 2006).
Koperasi pada dasarnya memerlukan tenaga kerja untuk menjalankan kegiatan usahanya. Peranan manajer dikaitkan dengan volume usaha, modal, kerja, dan fasilitas yang diatur oleh pengerus. Besar kecilnya volume usaha merupakan batasan dan ukuran perlu tidaknya digunakan tenaga kerja manajer. Bagi koperasi yang sederhana penguruslah yang sekaligus bertindak sebagai manajer. Sedangkan untuk koperasi yang besar tentu perlu banyak manajer, tergantung dari luas lingkup kegiataan dan struktur organisasinya.
Manajer dapat diklasifikasikan menurut tingkatannya dalam organisasi atau menurut  ruang lingkup kegiatan yang dikelola manajer (Firdaus, 2204). Tingkatan manajemen dibagi menjadi 3, yaitu sebagai berikut;
§ Manajemen Puncak
Manajemen puncak bertanggung jawab langsung kepada penguru. Ia bertanggung jawab ata manajemen bidang usaha dari koperasi secara menyeluruh. Dalam perusahaan swasta yang besar,mereka disebut juga Chief Executive Officer (CEO).
§ Manajer Menengah 
Manajemen menengah  ini memberi pengarahan-pengarahan kegiatan kepada manajer bawahan atau dalam hal tertentu bisa juga kepada karyawan-karyawan operasional. Jika manajer puncak menetapkan kebijakan-kebijakan operasional dan pemecahan masalah lingkungan organisasi maka manajer/manajemen menengah bertanggung jawab terhadap implementasi kebijakan organisasi.
§ Manajemen Lini Pertama/Bawahan
Manajer lini pertama ini bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain (bawahanny) dan memberikaan pengarahan kepada mereka.
Secara singkat fungsi manajemen tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:
1. Perencanaan (planning) 
Bagi seorang manajer sumber daya manusia, perencanaan diartikan sebagai penentuan lebih dahulu dari kebijaksanaan, program, produser dan teknisi yang akan menunjang tercapainya tujuan organisasi. Adapun penetapan tujuan organisasi itu sendiri memerlukan partisipasi aktif dari manajer sumber daya manusia, agar aspek sumber daya ini mendapat perhatian.
2. Pengorganisasian (organizing) 
Sebuaah organisasi harus dibentuk untuk dapat melaksanakan policy, program, serta produser kepegawaian. Dalam hal ini tampak jelas bahwa organisasi merupakan suatu alat untuk mencapai tujuaan. Seorang manajer sumber daya manusia harus mampu mengidentifikasi semua fungsi operatuf, kemudian melakukan pengelompokan kegiatan-kegiatan tersebut ke dalam unit-unit menurut prinsip-prinsip otganisasi yang sehat serta mengatur hubungan kerjaa antar unit tersebut.
3. Pengarahan (directing) 
Fungsi berikutnya adalah fungsi pelaksanaan, dimana rencana yang telah dibuat akan diterjemahkan menjadi kegiatan-kegiatan nyata. Fungsi pengarahan dapat juga disebut dengan istilah lain, seperti motivasi (motivation), penggerakan (actuating), atau pemberian komando (commanding).
4. Pengawasan (controlling) 
Fungsi manajemen yang terakhir adalah fungsi pengawasan yakni melakukan pengukuran serta penilaian terhadap hasil yang diperoleh dari rencana yang terlaksana. Dalam hal ini, seandainya terjadi penyimpangan-penyimpangan dari hasil yang diharapkan, maka akan diperlukan usaha korelasi dan pengendalian. Hal ini mutlak diperlukan dalam rangka penyempurnaan.
Mengenai fungsi-fungsi operatif dari manajemen sumber daya manusia secara singkat dapat diuraikan.
Ø Pengadaan (procurement) Fungsi operatif ini berhubungan dengan usaha memperoleh dan menempatkan macam dan jumlah pegawai yang tepat diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi. Aspek kuantitatif atas sejumlah karyawan yang dibutuhkan akan memerlukan sebuah perencanaan kebutuhan karyawan
Ø Pengembangan (development) Fungsi ini mempunyai tujuan untuk dapat meningkatkan pengetahuan serta kecakapan karyawan melalui pengadaan program-program pelatihan dan program lainnya. Pelatihan diperlukan bagi karyawan baru agar dapat mencapai prestasi berdasarkan standar yang ditetapkan dalam waktu singkat. Sedangkan perlunya pelatihan bagi karyawan lama adalah sebagai persiapan untuk promosi ke jabatan yang lebih tinggi serta dihharapkan agar lebih bertanggung jawab. Penenmbangan merupakan suatu kegiatan yang sangat penting serta perlu berlansung terus-menerus mengikuti peningkatan arus teknologi dan metode kerja, serta menyesuaikan dengan tuntutan keadaan yang juga terus meningkat.
Ø Kompensasi(competation) fungsi ini mencakup semua jenis imbalan yang diperoleh karyawan atas sumbangan prestasi mereka pada organisasi
Ø Integrasi(integration) merupakan tantangan yang paling sulut dalam manajemen. Fungsi ini dimaksudkan sebagai usaha yang perlu dilaksanakan untuk mempengaruhi setiap karyawan, dengan harapan tercipta suatu tujuan, kesatua pola berfikir serta kegiatan.
Ø Pemeliharaan(maintenance) fungsi pemeliharaan ditujukan untuk dapat mempertahankan serta memperbaiki kondisi fisik dan mental para karyawan.
Ø Pemberhentian(separation) pada suatu waktu tertentu, seseorang karyawan akan berhenti berkerja dan harus meninggalkan pekerjaannya.
C. Peranan Manajer dalam Manajemen Koperasi
Peranan manajer adalah membuat rencana kedepan sesuai dengan ruang lingkup dan wewenangnya mengelola sumber daya secara efisien, membeikan perintah, bertindak sebagai pemimpin dan mampu melaksanakan kerjasama dengan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. 
Seorang karyawan dapat mempunyai prestasi kerja yang baik, apabila mempunyai motivasi. Maka dari itu tugas pimpinan perusahaan adalah memotivasi karyawannya agar mereka menggunakan seluruh potensi yang ada dalam dirinya untuk mencapai hasil yang sebaik-baiknya. Supaya manajer atau pimpinan perusahaan dapat memberikan pengarahan yang baik, pertama-tama ia harus mempunyai kemempuan untuk memimpin perusahaan dan harus pandai mengadakan komunikasi secara vertical. 

Komentar

Postingan Populer