Guru berkarakter siswa berkarakter


A. Pentingnya Pendidikan Karakter 
Setelah “terlena” dengan pendidikan yang bersifat hard skill, tiba-tiba kita disadarkan oleh keharusan untuk juga memperhatikan pendidikan yang lebih bersifat soft skill. Itulah pendidikan karakter, yang sesungguhnya menjadi amanat utama Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional kita. Pendidikan Hard Skill bukanlah sesuatu buruk, tapi terlalu konsentasi pada pendidikan yang bersifat keahliaan/keterampilan teknis pada akhirnya hanya membuat kita kehilangan banyak kesempatan untuk membentuk karakter anak-anak didik kita. Karena kita harus mengakui, bahwa pendidikan karakter adalah bekal paling penting untuk generasi muda sebuah bangsa yang nanti akan menerima tongkat estafet kepemimpinan bangsa itu. 
Kalau kemudian ada yang bertanya, “apa sih pentingnya pendidikan karakter?”
Pendidikan karakter adalah salah satu jawaban untuk menyeimbangkan dampak buruk globalisasi yang telah mengerus nilai-nilai tradisional yang sudah lama kita sepakati sebagai norma dan tata susila. Oleh karena itu, pendidikan karakter ini harus menjadi kebutuhan bersama bangsa  Indonesia. Artinya, masyarakat juga harus ikut memberikan dukungan penuh terhadap upaya pemerintahan, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk menjadikan pendidikan karakter sabagai salah satu pilar penyangga bangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
Setidaknya penulis mengajukan dua alasan mengapa pendidikan karakter demikian penting dan mendesak diterapkan di semua jenjang pendidikan di seluruh Indonesia. Alasan itu adalah:

1. Menyangkut perbaikan kualitas manusia Indonesia 
Manusia adalah makhluk Allah yang paling sempurna, sebaik-baik penciptaan (dalam triminologi al-Qur’an disebut fii ahsani taqwim). Bukan itu saja, Allah memuliakan manusia lebih dari Dia “memuliakan” makhluk-makhluk-Nya yang lain. Ini adalah penghargaan dan penghormatan bagi manusia. Oleh karena itu, kemuliaan manusia harus selalu dipertahankan. Kemuliaan manusia tidak boleh dihancurkan dengan cara memuaskan nafsu (hawa) dan memberikan perhatian hanya kepada jasadnya saja, sehingga melupakan pembinaan “sisi dalamnya.”
Pendidikan karakter adalah salah satu upaya untuk mempertahankan kemuliaan manusia. Dengan pendidikan karakter kita ingin membangun manusia Indonesia seutuhnya. Utuh  artinya bukan hanya memberikan pemuasaan  kepada kebutuhan jasadnya saja, tapi juga jiwa (emosional) dan rohani (spiritualitasnya). Dengan kata lain, membangun manusia seutuhnya adalah membangun dan mencerdaskan lahir dan batinya. 
2. Berkenaan dangan pengelolaan hati (qalbun) 
Sesungguhnya kemudian manusia berada pada kebersihan dan kesucian fitrahnya. Fitrahnya itulah karakter “original” manusia yang sebenarnya. Jadi pendidikan karakter adalah mengembalikan manusia kepada fitrah aslinya yang selama ini tertutupi. Nilai-nilai karakter seperti  jujur, adil, disiplin, berani karena benar atau senang pada kebenaran, kerja keras, berkasih sayang, cinta pada perdamaian, senang pada keindahan, belas kasih, dan sebagainya adalah fitrah manusia. Bukan milik sebuah bangsa saja. Jadi, kalau guru ingin membentuk karakter murid-murid melalui pendidikan, itu artinya guru berurusan dengan hati (qalbun) manusia. 
Persoalannya adalah yang memahami dan paling tahu urusan hati itu bukanlah manusia, tapi Allah. Maka tidak bisa tidak, untuk memahami hati manusia, kita harus merujuk kepada firman-firman Allah, dalam hal ini kitab suci Al-Qur’an. Karena kitab kaum Muslimin ini banyak sakali bicara tentang hati. 
Allah mengetahui apa yang mereka sembunyikan dan apa yang mereka lahirkan, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala isi hati. (QS. Huud 11: 5)
Karena sesungghnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang ada didalam dada. (QS. Al-Hajj 22 :46)
Agaknya kita tidak usah malu-malu mengakui, bahwa kita memang tidak memahami benar persoalan hati. Sehingga tidak akan keberatan kalau akhirnya kita merujuk kepada firman-firman Tuhan dalam Kitab Suci-Nya.
Jadi, kalau penulis menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an dalam buku ini, bukan untuk pendukung pikiran atau pendapat saya, tapi karena saya memang membutuhkan Al-Qur’an sebagai sumber informasi mengenai persoalan hati manusia. Agar kita tidak terlalu jauh membuat persepsi-persepsi tentang hati, tapi sebenarnya kita tidak memahami “apa” itu hati. 
Karakter, aslinya berasal dari bahasa yunani, dari “karasso,”  yang berarti format dasar atau blue print. Dari sana kita dapat memahami, bahwa karakter itu adalah fitrah yang Allah anugrahkan kepada manusia. Karakter ada pada diri setiap manusia. Oleh karena itu, dalam paradigma pendidikan disemua negara memang penting persoalan karakter ini, selain pengetahuan dan keterampilan teknis. Dan lembaga pendidikan mendapat amanat paling berat, karena harus merumuskan dan kemudian mengaplikasikan rumusan itu di lembaga pendidikan. Goal yang diharapkan dalam lembaga pendidikan tidak hanya menjadi pencetak orang pintar saja, tapi juga orang baik hati.
Sebagian orang pintar punya hati, tapi sering tidak digunakan untuk merasakan penderitaan orang lain. Dan bahkan tidak merasakan keberadaan Tuhan. Mereka juga punya mata, tapi tidak pernah digunakan untuk melihat kesusahan orang lain. Bahkan ia tidak bisa melihat kebesaran Allah. Mereka punya telinga tapi tidak bisa mendengarkan suara hati orang lain yang sedang dihimpit kesulitan hidup. Bahkan mereka tidak bisa mendengarkan ayat-ayat Tuhan. 
Dan sesunggungnya kami jadikan untuk isi neraka jahannam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tapi tidak dipergunakan untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (Ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang ang lalai.  (QS. Al-A’raaf 7: 179)
Pendidikan pada esensinya menciptakan perubahan perilaku kearah yang lebih baik (change behavior), bukan sekedar perubahan pola pikir. Itu sebabnya pendidikan karakter menjadi penting untuk menjawab tantangan di era globalisasi seperti sekarang ini. Jadi, dengan kalimat yang sederhana, indikasi keberhasilan pendidikan adalah sejauh mana pendidikan karakter dibangun. Negara akan kuat, bersatu, aman dan damai bila pendidikan menghasilkan orang-orang yang berkarakter tangguh. Dan idealnya, pendidikan karakter berada disemua jenjang pendidikan dan semua kehidupan. Tidak hanya di sekolah atau kampus saja. Pendidikan karakter harus menjadi tanggung jawab bersama. 
B. Strategi Pendidikan Karakter
Guru adalah manusia paling tepat dan selalu mempunyai kesempatan untuk melakukan perubahan dan perilaku dan mindset anak manusia (murid), baik secara gradual maupun secara radikal, melalui aktifitas pendidikan. Guru di amanatkan bukan hanya oleh orang tua murid, tapi juga oleh undang-undang untuk melakukan upaya-upaya yang terbaik bagi perkembangan kognitif, efektif dan spikomotorik peserta didik. Ditangan gurulah harapan perubahan tingkah laku manusia kearah yang lebih baik di alamatkan. Menyadari betapa strategisnya peran guru itu, maka guru harus memanfaatkan setiap kesempatan untuk melakukan perbaikan diri dan lingkungannya. 
Membentuk karakter bukanlah sekedar mengajarkan kepribadian, karena antara kepribadian tidak sama dengan karakter. Kepribadian adalah tingkah laku atau peranan manusia sebagai hasil pendidikan dan pengajaran. Jadi, kepribadian adalah hasil bentukan dan sangat di pengaruhi oleh lingkungan. Sedangkan karakter adalah watak dasar yang berada didalam diri manusia sejak mereka dilahirkan. (lihat buku penulis Pendidikan Karakter Berpusat Pada Hati, diterbitkan oleh pernebit Al-Mawardi Prima, Jakarta). Menurut J. Drost, SJ, karakter itu bersifat original, berada di dalam diri. Seorang yang berkaraktar adalah seorang yang berkepribadian. Bagi seorang yang berkarakter berlaku: perlakukan orang lain seperti engkau ingin diperlakukan orang lain (Kompas, 12 November 1996)
Berbeda dengan orang yang berkepribadian. Dia sering kali ingin diperlakukan istimewa oleh orang lain, tapi dia sendiri tidak ingin memperlakukan orang lain secara istimewa. Jadi jelas, bahwa orang yang berkepribadian, belum tentu adalah orang yang berkarakter. Sebab kepribadian adalah hasil polesan, sedangkan karakter adalah sifat dasar manusia yang cenderung ingin selalu berbuat baik dan menyukai kebaikan.
Strategi paendidikan karakter yang paling “sederhana” adalah : 
1. Melalui figur
Sesungguhnya pendidikan karakter membutuhkan contoh berupa figur (sosok). Dan dunia pendidikan kita tidak pernah bisa “menghadirkan” figur berupa manusia paripurna, sebagai hasil dari keberhasilan pendidikan karakter. Manusia yang sempurna dengan seluruh potensi kemanusiannya. Tapi Al-Qur’an, “berani” menyebut nama figur yang layak dijadikan contoh teladan tingkah laku.
Dan sesungguhnya engkau (ya Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang agung.( QS.Al-Qalam 68:4)
Allah memuji Rasul-Nya, Muhammad Saw, sebagai manusia yang mempunyai budi pekerti agung (mulia). ini artinya perilaku beliau, baik tutur kata maupun tindakan, dapat dijadikan panutan. Sejarah Nabi Muhammad Saw, baik yang disusun oleh penulis-penulis Muslim maupun penulis non muslim yang jujur dan objektif, memperlihatkan gambaran sosok beliau sebagai sosok manusia yang sempurna dalam semua keadaan. Bukan itu saja, Nabi Muhammad Saw, sendiri menyadari bahwa beliau tidak diutus ke muka bumi kecuali untuk menyempurnakan akhlak manusia. Ini artinya pendidikan karakter hanya untuk menjadi “impian bersama” saja kalau tanpa keteladanan persoalannya, sekali lagi, kita mempunyai contoh yang kongkret berupa figur. Karena berbicara karakter, selain berbicara tentang hati, juga tentang akhlak.
2. Melalui keteladanan 
Selain melalui figur, pendidikan karakter bisa dilakukan melalui keteladanan. Maksud saya, bisa saja orang yang memberi teladan itu bukanlah figur teladan yang sempurna, tapi hanya dalam satu sisi saja dia dapat diteladani. Misalnya gelar Guru Teladan atau Pelajar Teladan, pastilah orang yang menyandangnya tidak dalam semua keadaan bisa dijadikan teladan. Kita tidak perlu menuntut terlalu banyak, cukuplah ucapannya sama dengan perbuatannya, perbuatannya adalah wujud dari apa yang dikatakannya.
Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat? amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa- apa yang tidak kamu kerjakan. (QS. Ash-Shaf 61: 2-3)
Orang-orang yang bisa dijadikan teladan adalah orang-orang yang kata-katanya sesuai dengan perbuatannya. Ketika guru menasehati agar muid-muridnya jangan menyontek, bisa dipastikan ketika dia dulu menjadi murid atau mahasiswa, dia tidak pernah menyontek. Guru-guru yang melarang murid-muridnya tawuran adalah guru-guru yang ketika masih menempuh pendidikan tidak pernah tawuran. Pendidikan karakter baru akan mengenai sasaran bila di contohkan, bukan diajarkan. Perilaku baik yang dipratikkan guru dihadapan murid-muridnya, akan dicontoh oleh para murid sehingga menjadi kebiasaan (habit). Ini artinya, guru lebih menularkannya kepada murid-muridnya. Lembaga pendidikan seyogyanya memberikan training (pelatihan) tentang karakter kepada guru, tentu saja para trainer-nya juga harus menjadi orang-orang yang berkarakter kuat lebih dahulu. 
3. Melalui pendidikan berkesinambungan
Proses pendidikan kita yakini bukan sekadar transformasi nilai-nilai, bukan pula transfer pengetahuan. Tapi lebih merupakan proses panjang yang baru akan berakhir setelah manusia masuk ke lubang kubur sebagai mayat. Ini yang kita sebut sebagai pendidikan seumur hidup ( Long Life Education). Kalau kita sepakat dengan istilah itu, maka semua elemen bangsa harus ikut terlibat secara aktif dalam aktifitas pendidikan berkesinambungan ini. 
Tuntutlah ilmu dari buaian sampai liang lahat. (Al-Hadits) 
Dengan demikian, masalah pendidikan karakter bukan hanya menjadi tugas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saja, tapi juga kementerian lainnya. Bahkan seluruh masyarakat dan warga bangsa. Karena pendidikan karakter telah menjadi kebutuhan bersama, maka dibutuhkan kesadaran bersama untuk mewujudkannya. Seluruh elemen bangsa harus terlibat dalam proyek besar ini. 
Kalau pendidikan karakter hanya selesai sampai di sekolah saja, dan setelah keluar dari gerbang sekolah tidak ada lagi “pendidikan karakter” yang didapat siswa, maka cita-cita mewujudkan manusia Indonesia yang seutuhnya hanya tinggal cita-cita saja. Jauh panggang dari api.
4. Melalui kegiatan intrakulikuler
Memang selama ini strategi yang dijalankan untuk menerapkan pendidikan karakter disekolah melalui kegiatan intrakulikuler. Artinya setiap bidang pelajaran harus selalu bermuatan pendidikan karakter. Pelajaran matematika bukan sekedar mengenalkan cara menghitung tambah-kurang-bagi-kali. Tapi bagaimana murid juga memahami bahwa apabila dia memberi, dia akan mendapatkan nilai  “tambah” disisi Allah, Tuhan yang telah menciptakannya. Bahkan kalau murid membantu sesamanya yang sedang kesulitan, dia telah “mengurangi” beban sesamanya. Bahwa bila dia bersedekah atau berderma, sesungguhnya dia sedang “berbagi” kebahagiaan. Dan bahwa ketika dia berbakti kepada orang tuanya, maka dia mendapatkan reward (pahala) kebaikan sepuluh, seratus atau tujuh ratus “kali” dari Allah. Begitu juga bidang mata pelajaran lain, dapat mengikut sertakan pendidikan karakter didalamnya. Tinggal bagaimana kreativitas dan inovasi guru dalam mengajar dan mendidik. 
5. Melalui kegiatan ekstrakurikuler
Kemudian, pendidikan karakter dapat juga “diselipkan” di antara kegiatan ekstrakurikuler. Artinya nilai-nilai karakter, seperti kejujuran, disiplin, kasih sayang, kerja keras, kerja  cerdas, dan sebagainya, dapat dijadikan muatan kegiatan ekskul, baik olah raga, kesenian, paskibra, PMR, Pramuka, Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dan sebagainya. Sehingga kalau murid menjadi anggota tim sepak bola sekolah, misalnya, dia akan menjadi pemain yang sportif, siap menang dengan rendah hati dan menerima kekalahan dengan lapang dada. Dia menyadari sepak bola adalah olah raga permainan, yang meskipun kadang keras, tetap ada unsur “mainnya.” Bukan untuk adu jotos. Dan masih banyak lagi cara yang bisa dilakukan guru untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada kegiatan ekskul.
Itulah  strategi “sederhana” untuk menerapkan pendidikan karakter. Tapi betapapun sederhananya, aplikasi pendidikan karakter ternyata tidak bisa persial, karena menyangkut persoalan hati. Harus menyeluruh dan melibatkan seluruh elemen bangsa. 


 






C. Pendidikan Karakter Melahirkan Orang Profesional 
Kalau Pembaca Budiman merunuti buku ini dari Bab I, maka kita akan menemui zona biru,  yaitu area ketersinambungan dan keterkaitan antara pendidikan karakter dengan norma, tata susila, budi pekerti, akhlak dan-tentu saja- nilai-nilai agama. Dari sana penulis berani menyatakan bahwa pendidikan karakter yang berhasil akan melahirkan orang-orang yang profesional. (profesional dalam pengertian yang sudah penulis jelaskan diatas, bukan dalam pemahaman konvensional seperti yang sekarang sudah “terlanjur” kita terima). Dan itu harus di mulai dari guru. Sebab guru adalah figur sentral, sosok yang berdiri di tengah-tengah pusaran arus proses pendidikan, yang menularkan nilai-nilai karakter kepada murid-murid melalui contoh dan keteladanan disertai himbauan dan ajakan yang bersifat persuasif. 
Dengan mendahulukan “pendidikan” bagi guru agar menjadi guru yang berkarakter kuat dan profesional, sesungguhnya kita sedang berinvestasi tenaga kependidikan yang mempunyai bagi bangsa dan negara kita. Itu artinya anak-anak didik akan ditemani oleh guru-guru yang luar biasa dalam proses belajar-mengajar, yang akan mengantarkan anak-anak didik itu pada puncak-puncak prestasi, kecerdasan yang komprehensif dan akhlak mulia. Kalau itu yang terjadi, kita tidak akan khawatir menyerahkan negeri yang kita cintai ini kepada mereka untuk dikelola dalam rangka mengisi kemerdekaan.
Dalam Al-Qur’an, Surat An-Nisaa’ (4), ayat 9, Allah menyatakan, 
Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan akan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar. 
Allah mengingatkan setiap orang agar tidak mewariskan anak-keturunan yang lemah di belakang hari. Peringatan ini berlaku umum, termasuk juga bagi suatu bangsa atau negara. Hendaknya suatu bangsa atau negara tidak meninggalkan generasi yang lemah, yang akan membuat bangsa dan negara itu hancur berantakan. Hancur dalam pengertian terpecah berkeping-keping menjadi beberapa negara kecil, atau hilang sama sekali dari peta bumi. Bisa juga hancur dengan pengertian negara itu tidak dapat maju dan mensejahterakan warganya karena di pimpin oleh orang-orang yang tidak cakap dan tidak memiliki integritasi.
Setidaknya dari ayat itu kita bisa memahami dua hal :
1. Takut kalau anak, keturunan atau generasi yang kita tinggalkan tidak bertakwa kepada Allah. Kalau orang tua takut kalau anak-anaknya tidak shalat, tidak pandai mengaji, tidak suka bersedekah dan sebagainya, sesungguhnya itulah orangtua yang memiliki karakter kuat. Ketakutannya di sebut khasyiya. Ketakutan yang berkerakter. Begitu juga guru. Kalau dia takut anak didiknya tidak beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, tidak berakhlak mulia, tidak suka memelihara sifat-sifat baik, tidak suka berbuat kebajikan kepada sesama, maka itulah yang di sebut guru profesional yang berkarakter kuat. Dia memang risau anak-anak muridnya miskin dan tidak sejahtera, tapi dia lebih risau lagi kalau anak-anak murid itu miskin dan lemah jiwanya. Anak-anak yang hanya akan menyusahkan orang tua dan membebankan negara. Dari tangan orang tua dan guru semacam inilah akan lahir anak-anak atau murid-murid yang memiliki kekuatan karakter keahlihan. Karakter ketakwaan. 
2. Berbeda dengan khasyiya, ketakutan yang berkarakter, kita juga sering menemui orang tua dan guru yang ketakutannya pada masalah- masalah yang besifat elementer. Ada orang tua yang membekali anak-anaknya dengan pendidikan yang tinggi, tujuannya hanya agar anak-anaknya tidak menjadi orang miskin, takut tidak sejahtera secara material dan finansial, takut kalau setelah lulus sekolah tidak mendapatkan pekerjaan yang layak. Atau menjadi orang yang dhuafa secara ilmu dan keterampilan. Ada juga guru yang habis-habisan mengajari murid-muridnya agar menjadi pintar secara intelektual, tujuannya tidak lain karena ingin dianggap sebagai “guru yang berhasil,” atau agar sekolah tempat dia mengabdi dinobatkan sebagai sekolah favorit atau unggulan. Inilah yang disebut khauf, ketakutan yang menunjukan kelemahan karakter dan kelemahan jiwa
Ketakutan jenis khauf ini timbul karena dilandasi terlalu kuatnya motif dunia. Dunia yang gemerlap telah menyilaukan mata orang tua dan guru yang lemah jiwanya. Sehingga mereka merasa ketakutan dan  tidak tenang bila anak-anaknya miskin secara material dan finansial, atau murid-muridnya mendapatkan nilai buruk atau tidak lulus ujian. Motif-motif duniawi ini bisa dirujuk dalam sejarah Nabi Allah, Musa As, yang diawali oleh figur; Fir’aun (power), Qarun (money), Hamman (prestigeus), dan samiri (friendship).
Inilah sedikit penjelasannya:
- Fir’aun adalah Raja mengklaim diri sebagai Tuhan penguasa alam. Kekuasaannya yang besar dianggap cukup untuk mengangkat dirinya ke posisi tuhan. Dia merasa dirinya kuat  dan akhirnya menjadi angkuh. Hatinya tertutup dan menjadi gelap. Keangkuhannya membuat dia semena-mena. Dan kesombongannya membuat dia tidak dapat mendengarkan suara kebenaran. Bahkan kebenaran yang datang dari Allah, Tuhan Penguasa alam semesta. 
Sesungguhnya fir’aun telah berbuat sewenang-wenang di muka bumi dan menjadikan penduduknya berpecah belah, dengan menindas segolongan dari mereka, menyembelih anak laki-laki mereka dan membiarkan hidup anak-anak perempuan mereka. Sesungguhnya fir’aun termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan.(QS. Al- Qashash 28:4)
Tapi ternyata Allah menenggelamkannya bersama pasukannya di Laut Merah. Kekuatan dan kekuasaannya tidak bisa menolongnya. Kekuatan dan kekuasaannya Allah lebih besar dari yang dia perkirakan. Kesombongan Fir’aun seharusnya menjadi pelajaran yang berharga bagi para penguasa sesudahnya. Tapi yang terjadi para penguasa justru mengikuti jejaknya. 
- Qarun menjadi lambang cinta buta terhadap uang harta benda. Rasa cintanya yang begitu besar terhadap harta membuatnya sombong, bakhi, kikir, lalai terhadap kewajiban sosialnya dan tidak mau berbagi dengan sesamanya. Dia merasa dia yang lebih besar, kaya dan berhasil karena ilmu yang dimilikinya. 
Qarun berkata: “sesungguhnya aku hanya diberi harta itu, karena ilmu yang ada padaku.” (QS. Al-Qashash 28 :78)
Karena itulah dia dikubur dalam-dalam ke dasar bumi bersama harta benda dan rumahnya. Kisahnya menjadi perburuan paling rakus dan inspiratif dalam pencarian harta terpendam yang biasa disebut “harta karun.” Dan entah sudah berapa banyak manusia yang mati karena berburu harta karun itu. Tapi anehnya, banyak orang yang berharap seperti Qarun,
Berkatalah orang-orang yang menghendaki kehidupan dunia: “Moga-moga kiranya kita mempunyai seperti apa yang telah di berikan kepada Qarun; sesungguhnya ia benar-benar mempunyai keberuntungan yang besar.” (QS. Al-Qashash 28 :79)
- Hamman adalah teknokrat yang secara apik “berselingkuh” dengan birokrat dan konglomerat. Dia membangun gedung pencakar langit yang menjadi lambang kebanggaan dan gengsi (prestise). Dia menganggap keberhasilan hidup adalah ketika kita bisa membangun monumen yang bersifat fisik. Padahal sebaik-baik monumen adalah perilaku mulia yang menjadi teladan dan buah tutur manusia. 
Dan berkatalah Fir’aun: “Hai hamman, buatkanlah bagimu sebuah bangunan yang tinggi supaya aku sampai ke pintu-pintu, (yaitu) pintu-pintu, supaya aku dapat melihat Tuhan Musa....” (QS. Al-Mu’min 40 : 36-37)
Dengan kepandaian otaknya dan kecanggihan teknologi yang dikuasainya membuat Hamman menjadi ilmuwan yang tidak bersyukur kepada Allah, pemilik ilmu yang sebenarnya. Dia memanfaatkan ilmu dan pengetahuannya untuk memeperkaya diri dan untuk kemegahan kehidupan duniawinya.
- Samiri adalah lambang fanatisme kesukuan dan petemanan. Apa pun dilakukan demi suku, etnis, klan, trah, teman dan saudara. Dia membangun koneksi dengan jalur nepotisme. Sayangnya nepotisme dan koneksitas itu bukan untuk tujuan yang baik dan terpuji, melainkan untuk menyesatkan manusia dari jalan Allah, dan membuat kehancuran Akidah dan moralitas banyak manusia. Tapi bungkus dari penyesatan itu sangat cantik dan indah, sehingga menipu mata.
Allah berfirman:“maka sesungguhnya kami telah menguji kaummu sesudah kamu tinggalkan, dan mereka telah disesatkan oleh Samiri.” (QS. Thaahaa 20 :85)
Dalam masa kita, Samiri adalah para penjual ide dan ismeyang menjauhkan manusia dari Tuhan. Ide dan pikiran-pikiran mereka begitu cemerlang dan brilian. Kesesatan di kemas dan di bungkus yang indah, sehingga tidak terasa orang yang mengikutinya digiringke jurang yang akan membuat penyesalan seumur hidup.
Empat tipe manusia di atas adalah para prefesional di bidangnya. Orang-orang ahli yang luar biasa, yang keahlian itu telah membuat mereka menganggap kehidupan dunia adalah segala-galanya. Mereka ketakutan (khauf) kalau dunia ini tidak memberikan apa-apa kepada mereka, juga keturunan mereka nantinya.
Prestasi keempat tipe manusia yang di contohkan Allah dalam Qur’an tersebut dalam pandangan manusia “awam” merupakan prestasi seorang profesional. Namun sesungguhnya mereka adalah kelompok orang amatiran, yang sama  sekali tidak ada harganya di sisi allah. Keempat tipe tersebut adalah tipe orang sombong, angkuh dan merasa pintar dalam menata pemerintahan di negara, perekonomian dan bisnis, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta sosial budaya dan kesenian. Produktivitas mereka tidak mereka optimalkan penggunaannya dalam rangka syukur kepada Allah. Oleh karena itu, dalam pandangan Allah yang lebih baik (profesional, expert) dari mereka adalah orang-orang yang beriman dan bertakwa kepada allah.
Allah berfirman:
“tetapi orang-orang yang dianugrahi ilmu berkata,”celakalah kamu, ketauhilah, pahala Allah lebih baik bagi orang–orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, dana (pahala yang besar) itu hanya diperoleh oleh orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Qashash 28:80)



D. Guru Berkarakter – Murid Berkarakter 
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 28 ayat 3, menyatakan bahwa ada empat kompetensi yang harus dimiliki guru sebagai figur sentral proses pendidikan dan peningkatan kecerdasan sebuah bangsa. Keempat kompetensi itu adalah: kompetensi pedagogik, kompetensi profesional (akademik), Kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial.  Guru dianggap memenuhi kemampuan pedagogik bila menunjukkan kemampuannya dalam mengajar dan mendidik. Lalu guru dianggap mempunyai kemampuan profesional bila dia menguasai materi pelajaran yang menjadi bidang keahliannya. Kompetensi kepribadian ditunjukan dengan sikap dan perilaku guru yang baik dihadapan murid dan lingkungannya. Sedangkan kompetensi sosial diperlihatkan melalui keterlibatan guru dalam kegiatan sosial di masyarakat. Artinya dia bukan seorang yang penyendiri dan mengabaikan lingkungannya. 
Empat kompetensi tersebut adalah syarat yang harus dimiliki seorang guru. Setidaknya guru akan terus terpacu untuk meningkatkan kompetensinya setiap saat. Sebab hanya dengan upaya seperti itu kita akan mempunyai guru-guru profesional yang berkarakter, yang pada akhirnya akan melahirkan pula murid-murid yang berkarakter. 
Masih mengacu pada PP Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 diatas, Bab I Ketentuan Umum, Pasal 1 butir 4, dikatakan bahwa standar kompetensi lulusan (peserta didik, pen.) adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan, artinya, kelulusan siswa dari sebuah jenjang pendidikan sesungguhnya ditentukan juga oleh sikap (attsitude), kepribadian, perilaku atau akhlak. bukan hanya sekedar mencapai angka tertentu yang dijadikan standar. 
Lalu dari mana attitude  itu didapatkan siswa? Kita mencari jawab masih di PP RI Nomor 19 tahun 2005. Bab III (standar Isi), bagian kedua (Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum) Pasal 6, Butir 1 menyatakan,
(1) Kurikulum untuk jenis pendidik umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidik dasar dan menengah terdiri atas :
a. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
b. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
Dari pernyataan diatas, jelas bahwa attitude,  akhlak mulia dan kepribadian adalah hak murid-murid untuk diajarkan di sekolah. Mereka wajib mendapatkan hak itu melalui “mata pelajaran” agama dan kewarganegaraan. Ini artinya Negara berkewajiban memberikan kepada warganya pendidik karakter. Warga Negara yang berkarakter kuat adalah warga yang berkualitas, sesuai kata dengan perbuatan dan bertanggung jawab. Dan hampir seluruh tanggung jawab untuk membentuk warga Negara yang berkarakter kuat itu berada di pundak guru profesional. Kalau murid jujur, berarti gurunya mengajarkan kejujuran. Kalau murid tidak jujur, maka profesionalisme guru cacat dan ternoda. Kalau murid liar dan tidak terkendali dalam perilaku, para guru patut introspeksi diri, apa gerangan  yang salah? Dirinyakah atau sistem pendidikannya?.
Tapi kendati pun demikian, guru bukanlah makhluk super yang bisa hidup sendiri dan melakukan apa saja yang dia inginkan. Dia juga tidak mungkin menanggung beban tanggung jawab “mengurus” persoalan pendidikan dan pengajaran sendirian. Yang jelas, dia memang harus memperbaiki karakternya, sikap dan akhlaknya. Karena guru tidak bekerja ditempat terisolasi, dia harus berhubungan baik dengan murid, orang tua murid, rekan kerja, masyarakat, organisasi profesi lain, pemerintah dan sebagainya, dalam rangka melaksanakan tugas kesehariannya mendidik, mengajar membimbing, melatih, menilai atau mengevaluasi hasil pembelajaran. Relasi guru dengan semua komponen yang saya sebutkan diatas dapat kita anggap sebagai kode etik guru.
Jadi, tidak bisa tidak, guru harus menjadikan dirinya orang yang karakter kuat lebih dahulu, sebelum dia akhirnya melahirkan murid-murid yang berkarakter kuat melalui contoh dan keteladanan. Guru bisa meneladani  Liqmanul Hakim, tokoh religius yang sangat di hormati oleh Allah, sehingga namanya dijadikan nama surat dalam Al-Qur’an. Ke dalam dirinya, Luqman senantiasa meningkatkan rasa syukur, seperti yang diajarkan Allah kepadanya. Tapi kepada anaknya, pertama-tama dia mengajarkan agar tidak menyekutukan Allah (mursyrik). 

CATATAN AKHIR 
Kalau harus merumuskan karakter guru profesional dalam satu frase atau kelompok kata, maka yang paling tepat adalah akhlaqul karimah. Perilaku atau budi pekerti mulia yang cenderung ingin selalu berbuat kebajikan kepada sesama dan lingkungan sosial karena mengharap ridha Allah semata-mata. Orientasi guru profesional bersifat ukhrawi, kebaikan di akhirat. Berbeda dengan guru amatir yang berhikmat dengan ilmunya karena mengharapkan imbalan materi dan penghargaan untuk kebanggaan diri.
Guru-guru profesional – dengan kriteria yang telah penulis uraikan diatas – bila dipercaya untuk memberikan pendidikan karakter akan menghasilkan murid-murid berkarakter kuat dan tangguh. Karena mereka menjadi contoh nyata yang dapat disaksikan secara langsung oleh murid-murid mereka. Sehingga para murid itu terstimulasi untuk mengikuti jejak mereka. Pendidikan karakter di tangan guru-guru profesional akan melahirkan generasi Rabbani. Generasi yang cerdas secara intelektual, emosional dan spiritual, yang berjuang dan bekerja keras untuk tercapainya tatanan masyarakat madani, civil society, yang diberkahi Allah, Tuhan Yang Maha Esa. 
Ditangan guru-guru profesional pendidikan karakter menjadi alat untuk :
1. Pemersatu bangsa dan negara 
Pendidikan karakter adalah pendidikan tentang hati. Para guru profesional menyentuh dan menyatukan hati murid-murid dengan kelembutan seorang ibu dan kesabaran seorang ayah. Pendekatan yang mereka lakukan untuk menyentuk dan menyatukan hati itu dengan cara membaca ayat-ayat Allah, Sang Pengasa Hati.
Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu daripadanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk. (QS. Ali Imran 3 :103)
Walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Al-Anfaal 8: 63)
Para guru itu yakin, hanya dengan ayat-ayat Allah saja hati para murid mereka akan berhasil “ditaklukkan.” Sebab hanya Allah yang menggenggam hati manusia, oleh karenanya Dia-lah yang paling memahami persoalan hati. Kita boleh saja merumuskan pendidikan tentang manajeman hati, tapi tetap kita tidak akan mampu menyelami hati manusia. Hati manusia adalah misteri yang tidak pernah mampu dipecahkan oleh manusia sendiri. Sedangkan bagi Allah, tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi. Baik yang tampak jelas, samar-samar atau tersembunyi dan disembunyikan. 
Murid-murid adalah komponen penting sebuah bangsa. Ketika hati seluruh komponen bangsa yang sangat penting itu telah bersatu, disatukan dan menyatu, maka bangsa akan jaya dan negara akan kuat, karena persatuan demikian erat. Yaitu persatuan hati. 
2. Peduli lingkungan dan sesama
Pendidikan karakter yang berhasil adalah ketika melahirkan manusia-manusia yang bukan hanya peduli dengan kenyamanan dirinya sendiri, tapi juga peduli pada lingkungan sosial tempat mereka tinggal, dan lingkungan yang lebih luas tempat mereka hidup bersama makhluk-makhluk Tuhan yang lain. 
Jika sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat kami) itu, maka kami siksa mereka disebabkan perbuatannya. (QS. Al-A’raaf 7: 76)
Dan carilah pada apa yang telah dianugrahkan Allah kepadamu (kebahagian) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) dunia, dan berbuat baiklah  (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (QS. Al-Qashash 28 :77)
Kesadaran mereka terhadap pelestarian lingkungan sekitar demikian tinggi, karena itu adalah bagian dari kenyakinan dan ketakwaan mereka kepada Allah. Dengan bersyukur, mereka mengharapkan rahmat Allah. Caranya dengan mengelola sumber daya alam sebaik-baiknya, untuk menghindari “siksa” Allah berupa bencana alam yang mengerikan yang tidak bisa mereka elakkan. Kemudian mereka juga senantiasa berbuat baik kepada sesama sebagai bentuk simpati dan empati yang keluar dari ketulusan hati. 
3. Menautkan kerukunan
Manusia-manusia hasil pendidikan karakter yang berhasil adalah mereka yang sangat menjunjung tinggi kerukunan dan kedamaian. Mereka tidak ingin melakukan tindakan-tindakan yang bisa merusak tatanan sosial yang telah dibangun sebelumnya dengan susah payah. Mereka juga tidak akan melakukan perbuatan yang bisa menyebabkan timbulnya rasa saling curiga diantara sesama anak bangsa, atau memunculkan friksi level elit yang akibatnya terjadi benturan ditingkat massa. 
Dan sekiranya Allah tiada menolak (keganasan) sebagian manusia dengan sebagaian yang lain, tentulah telah dirobohkan biara-biara Nasrani, gereja-gereja, rumah- rumah ibadah orang yahudi dan masjid-masjid, yang didalamnya banyak disebut nama Allah. Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi maka Perkasa. (QS. Al-Hajj 22 :40)
Sesungguhnya hati orang-orang berkarakter laksana pualam. Bagi mereka, memukul artinya sama dengan dipukul. Sehingga mereka tidak ingin menyakiti hati orang lain, meskipun itu “musuh” mereka sendiri. Mereka hanya ingin hidup berdampingan, harmonis dan rukun. 
Hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS. Al-Hujuraat 49 :13)
4. Ingin selalu bersama Allah
Hasil dari pendidikan karakter yang paling menonjol adalah manusia-manusia yang selalu dekat Allah. Senantiasa bersama Allah. Hati mereka hanya terpaut kepada Allah. Mereka meminta tolong kepada Allah dengan sabar, menanti datangnya pertolongan itu seraya terus berupaya secara manusiawi sebagai bagian dari kewajiban ikhtiar. Dan mereka juga meminta tolong kepada Allah melalui sholat, agar mereka tidak salah langkah dalam mengambil keputusan.
Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) sholat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al-Baqarah 2 : 153)
Kalau “bersama Allah” itu harus ditempuh dengan cara berbuat baik sebanyak-banyaknya, maka manusia yang selalu ingin bersama Allah akan melakukan dengan senang hati. Mereka “gelap mata” ketika berbuat kebaikan. Artinya mereka tidak pernah melihat kepada siapa kebaikan itu mereka berikan.
Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan. (QS. An-Nahl 16:128)  
Begitulah corak pendidikan karakter ditangan guru-guru yang profesional. Bukan hanya melahirkan manusia-manusia pejuang dan pekerja keras yang cerdas dan pintar, tapi juga manusia-manusia yang baik hati, yang cenderung pada kebenaran dan gandrung pada kedamaian. Manusia-manusia yang mempunyai hati nurani, bukan robot-robot bisu yang dikendalikan oleh remote control berupa nafsu (hawa) dan keinginan yang selalu minta dipuaskan. Bukan pula jenis manusia yang kehilangan indentitas kediriannya, ambigu, dan kesulitan (bingung?) menentukan jati dirinya. 
Guru profesional yang berkarakter kuat adalah guru yang pada dirinya terkandung kualitas seorang Nabi dan Ulama. Yang berjuang untuk mengeluarkan manusia dari kegelapan dan kejumudan hati serta perilaku kepada terang benderang hidayah (Petunjuk)  Allah melalui pendidikan dan pengajaran. Kehadirannya diharapkan dan ketidakhadirannya dirindukan murid-murid. Dia datang membawa pencerahan dan keceriaan. Dia adalah jenis manusia yang keluar dari nikmatnya berselimut di ranjang yang hangat untuk menyambut seruan Tuhannya.
Hai orang yang berkemul (berselimut), bangunlah, lalu berilah peringatan! Dan Tuhannya agungkan-lah, dan pakaianmu bersihkanlah, dan perbuatan dosa (menyembah berhala) tinggalkanlah, dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak. Dan untuk (memenuhi perintah) Tuhanmu, bersabarlah. (QS. Al-Muddatsir 74 : 1-7)
Guru profesional yang berkarakter kuat adalah dia yang bangkit untuk memberi peringatan kepada manusia akan pentingnya pendidikan. Pendidikan pertama adalah mengenalkan manusia dengan tuhannya. Bahwa manusia tidak datang ke muka bumi secara kebetulan dan tanpa maksud tertentu. Dia bukan hadir untuk kemudian pergi lagi, tanpa tanggung jawab apa-apa. Sang guru menyadarkan para murid, bahwa mereka adalah khalifah,  abdi Allah yang terhormat yang ditugaskan untuk mengelola kehidupan di bumi dengan tuntunan Tuhan. Inilah tugas pertama seorang guru profesional.
Kemudian sang guru pergi mengajar karena terpanggil untuk membesarkan dan mengagungkan Tuhan. Bukan untuk membesarkan dirinya dan bukan pula untuk membesarkan ambisinya. Untuk itu dia bersihkan pakaiannya, setelah lebih dahulu dia bersihkan diri dan hatinya. Karena dia akan menyampaikan ilmu Allah yang diamanahkan kepadanya. Dia hindari jauh-jauh perbuatan yang dapat membuat integritasnya sebagai guru hancur dan kehormatannya binasa. Dia tidak berbuat maksiat sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan. Dia pancangkan niat didalam hatinya, bahwa apa yang dia lakukan dan seluruh aktifitasnya tidak untuk mendapatkan balasan dari manusia. Kalaupun ada balasan dari perbuatannya, itu adalah hak dan apresiasi orang atas dirinya. Bukan karena dia meminta, apalagi sampai “mengemis-ngemis.” Kemudian dia bersabar dalam menjalani tugas dan fungsinya sebagai guru. Kesabaran yang tidak ada batasnya.

Komentar

Postingan Populer