Karakteristik Anak yang Mengalamai Disleksia, Disgrafia, Diskalkula


A. Karaktersitik Anak yang Mengalami Disleksia, Disgrafia, dan Diskalkulia
A. Pengertian Disleksia
Disleksia berasal dari bahasa Greek, yakni dari kata “dys” yang berarti kesulitan, dan kata”lexis” yang berarti bahasa.  Disleksia secara harafiah berarti “kesulitan dalam berbahasa”. Jadi, Disleksia adalah sebuah kondisi ketidakmampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan pada orang tersebut dalam melakukan aktivitas membaca dan menulis
Penderita disleksia secara fisik tidak akan terlihat sebagai penderita. Disleksia tidak hanya terbatas pada ketidakmampuan seseorang untuk menyusun atau membaca kalimat dalam urutan terbalik tetapi juga dalam berbagai macam urutan, termasuk dari atas ke bawah, kiri dan kanan, dan sulit menerima perintah yang seharusnya dilanjutkan ke memori pada otak. Hal ini yang sering menyebabkan penderita disleksia dianggap tidak konsentrasi dalam beberapa hal. Dalam kasus lain, ditemukan pula bahwa penderita tidak dapat menjawab pertanyaan yang seperti uraian panjang lebar.
Secara umum disleksia dibagi sebagai disleksia sebagai  visual, disleksia auditori dan disleksia kombinasi (visual-auditori).  Sebagian ahli lain membagi disleksia berdasarkan apa yang dipersepsi  oleh mereka yang mengalaminya yaitu persepsi pembalikan konsep (suatu  kata dipersepsi sebagai lawan katanya), persepsi disorientasi vertical  atau horizontal (huruf atau kata berpindah tempat dari depan ke belakang  atau  sebaliknya, dari barisan atas ke barisan bawah dan sebaliknya),  persepsi teks terlihat terbalik seperti di dalam cermin, dan persepsi di  mana huruf atau kata-kata tertentu jadi seperti “ menghilang.”

A. Karaktersitik Penderita Disleksia
Keluhan utama pada anak disleksia di usia sekolah biasanya berhubungan dengan prestasi sekolah, dan biasanya orang tua  ”tidak terima” jika guru melaporkan bahwa penyebab kemunduran prestasinya adalah kesulitan membaca. Kesulitan yang dikeluhkan meliputi kesulitan dalam berbicara dan kesulitan dalam membaca. 
Anak disleksia memperlihatkan karakteristik dalam membaca dan menulis, antara lain berkenaan dengan:
1. Ketika membaca lisan, ada kata-kata yang terlewat, serta adanya penambahan atau penyimpangan kata-kata.
2. Anak membaca dengan lambat.
3. Tidak dapat mengucapkan irama kata-kata secara benar dan proporsional.
4. Kesulitan dalam mengurutkan irama kata-kata secara benar dan proporsional.
5. Sulit menyuarakan fonem (satuan bunyi) dan memadukannya menjadi sebuah kata.
6. Sulit mengeja secara benar. Bisa jadi, anak mengeja satu kata dengan bermacam ucapan, walaupun kata tersebut berada di halaman yang sama.
7. Sulit mengeja kata atau suku kata dengan benar, terbalik-balik ketika membunyikan huruf yang mempunyai kemiripan bentuk (seperti: d–b, u–n, atau m–n), serta rancu membedakan huruf atau fonem yang memiliki kemiripan bunyi (seperi: v dan f).
8. Membaca suku kata dengan benar di satu halaman, tetapi salah di halaman lainnya.
9. Mengalami kesulitan saat harus memahami teks yang dibacanya. Mungkin anak bisa membaca dengan benar, tetapi tidak mengerti dengan teks yang dibacanya.
10. Sering terbalik-balik dalam menuliskan atau mengucapkan kata, misalnya: “hal” menjadi “lah”, “kelinci berada di atas meja” menjadi “berdiri kelinci di atas meja”.
11. Rancu terhadap kata-kata yang singkat, seperti: ke, dari, dan, serta jadi.
12. Bingung menentukan harus menggunakan tangan yang mana untuk menulis.
13. Sering lupa mencantumkan huruf besar atau mencantumkannya di tempat yang salah.
14. Sering lupa meletakkan tanda baca, seperti: titik, koma, tanda tanya, atau tanda seru.
15. Menulis huruf dan angka dengan hasil yang kurang bagus.
16. Menulis dengan adanya jarak pada huruf-huruf dalam satu rangkaian kata. Selain itu, tulisannya kadang-kadang naik dan kadang-kadang turun.
17. Menempatkan paragraf secara keliru.
18. Anak disleksia memiliki kebiasaan saat membaca dengan melakukan gerakan seperti menggerakkan kepala ke kiri atau ke kanan, mengernyitkan kening, gelisah, irama suara meninggi, atau menggigit bibir. Terkadang menolak, atau menangis saat diminta guru untuk membaca. Pada saat memegang buku bacaan, antara mata dan buku kurang dari 15 inci (kurang lebih 37,5) bahkan terkadang meletakkan kepalanya di atas buku.

v Karakteristik Anak yang Mengalami Disgrafia
A. PENGERTIAN DISGRAFIA

Disgrafia adalah kesulitan khusus dimana anak-anak tidak bisa menuliskan atau mengekspresikan pikirannya kedalam bentuk tulisan,karena mereka tidak bisa menyuruh atau menyusun kata dengan baik dan mengkoordinasikan motorik halusnya (tangan) untuk menulis. Pada anak-anak, umumnya kesulitan ini terjadi pada saat anak mulai belajar menulis. Kesulitan ini tidak tergantung kemampuan lainnya. Seseorang bisa sangat fasih dalam berbicara dan keterampilan motorik lainnya, tapi mempunyai kesulitan menulis. Kesulitan dalam menulis biasanya menjadi problem utama dalam rangkaian gangguan belajar, terutama pada anak yang berada di tingkat SD. 
Kesulitan dalam menulis seringkali juga disalahpersepsikan sebagai kebodohan oleh orang tua dan guru. Akibatnya, anak yang bersangkutan frustrasi karena pada dasarnya ia ingin sekali mengekspresikan dan mentransfer pikiran dan pengetahuan yang sudah didapat ke dalam bentuk tulisan. Hanya saja ia memiliki hambatan. Sebagai langkah awal dalam menghadapinya, orang tua harus paham bahwa disgrafia bukan disebabkan tingkat intelegensi yang rendah, kemalasan, asal-asalan menulis, dan tidak mau belajar. 
Gangguan ini juga bukan akibat kurangnya perhatian orang tua dan guru terhadap si anak, ataupun keterlambatan proses visual motoriknya. Dysgraphia / Disgrafia adalah learning disorder dengan ciri perifernya berupa ketidakmampuan menulis, terlepas dari kemampuan anak dalam membaca maupun tingkat intelegensianya.Disgrafia diidentifikasi sebagai keterampilan menulis yang secara terus-menerus berada di bawah ekspektasi jika dibandingkan usia anak dan tingkat intelegensianya.

B. CIRI-CIRI PENDERITA DISGRAFIA
Ada beberapa ciri khusus anak dengan gangguan ini. Di antaranya adalah: 
1. Terdapat ketidakkonsistenan bentuk huruf dalam tulisannya. 
2. Saat menulis, penggunaan huruf besar dan huruf kecil masih tercampur. 
3. Ukuran dan bentuk huruf dalam tulisannya tidak proporsional. 
4. Anak tampak harus berusaha keras saat mengkomunikasikan suatu ide, pengetahuan, atau
    pemahamannya lewat tulisan. 
5. Sulit memegang bolpoin maupun pensil dengan mantap. Caranya memegang alat tulis
    seringkali terlalu dekat bahkan hampir menempel dengan kertas. 
6. Berbicara pada diri sendiri ketika sedang menulis, atau malah terlalu memperhatikan
    tangan yang dipakai untuk menulis. 
7. Cara menulis tidak konsisten, tidak mengikuti alur garis yang tepat dan proporsional. 
8. Tetap mengalami kesulitan meskipun hanya diminta menyalin contoh tulisan yang sudah
    ada. 
C.  PENYEBAB DISGRAFIA
          Secara spesifik penyebab disgrafia tidak diketahui secara pasti, namun apabila disgrafia terjadi secara tiba-tiba pada anak maupun orang yang telah dewasa maka diduga disgrafia disebabkan oleh trauma kepala entah karena kecelakaan, penyakit, dan seterusnya. Disamping itu para ahli juga menemukan bahwa anak dengan gejala disgrafia terkadang mempunyai anggota keluarga yang memiliki gejala serupa. Demikian ada kemungkinan faktor herediter ikut berperan dalam disgrafia. 
Seperti halnya disleksia, disgrafia juga disebabkan faktor neurologis, yakni adanya gangguan pada otak bagian kiri depan yang berhubungan dengan kemampuan membaca dan menulis. Anak mengalami kesuitan dalam harmonisasi secara otomatis antara kemampuan mengingat dan menguasai gerakan otot menulis huruf dan angka. Kesulitan ini tak terkait dengan masalah kemampuan intelektual, kemalasan, asal-asalan menulis, dan tidak mau belajar.



v Karakteristik Anak yang Mengalami Diskalkulia

A.PENGERTIAN DISKALKULIA
Secara umum, definisi diskalkulia adalah gangguan kemampuan berhitung yang mengarah pada bidang studi matematika. Namun, lebih spesifik lagi bahwa diskalkulia merupakan  gangguan pada kemampuan kalkulasi secara sistematis yang dibagi menjadi bentuk kesulitan berhitung dan kesulitan kalkulasi. Kesulitan belajar matematika yang sering disebut diskalkulia atau “dyscalculis” (Lerner, 1998) memiliki konotasi medis yang memandang adanya keterkaitan dengan gangguan sistem saraf pusat. Biasanya anak tidak memahami proses matematis, ditandai dengan adanya kesulitan mengerjakan tugas yang melibatkan angka atau simbol matematis. Sebagian besar, anak yang mengalami diskalkulia mempunyai kesulitan tersendiri dalam proses visual.
 Dibeberapa kasus, pada pemrosesan dan pengurutan konsep matematika memerlukan seperangkat prosedur yang harus diikuti dalam pola yang berurutan, hal ini juga berkaitan dengan kurangnya memori (memory deficits) anak diskalkulia, sehingga mereka mengalami kesulitan urutan operasi yang harus diikuti untuk memecahkan soal-soal matematika.  
B. CIRI – CIRI PENDERITA DISKALKULIA
ü Sulit melakukan hitungan matematis. Contoh sehari-harinya, ia sulit menghitung transaksi (belanja), termasuk menghitung kembalian uang. Seringkali anak tersebut jadi takut memegang uang, menghindari transaksi, atau apa pun kegiatan yang harus melibatkan uang. 
ü Sulit melakukan proses-proses matematis, seperti menjumlah, mengurangi, membagi, mengali, dan sulit memahami konsep hitungan angka atau urutan. 
ü  Terkadang mengalami disorientasi, seperti disorientasi waktu dan arah. Si anak biasanya bingung saat ditanya jam berapa sekarang. Ia juga tidak mampu membaca dan memahami peta atau petunjuk arah. 
ü Mengalami hambatan dalam menggunakan konsep abstrak tentang waktu. Misalnya, ia bingung dalam mengurut kejadian masa lalu atau masa mendatang. 
ü Biasanya anak tidak memahami proses matematis, yang ditandai dengan kesulitan mengerjakan tugas yang melibatkan angka atau simbol matematis.
ü Kurangnya pemahaman anak tentang nilai tempat, seperti satuan, puluhan, ratusan, dan seterusnya.
ü Anak sulit untuk memfokuskan diri khususnya pada matapelajaran matematika. Akan tetapi memiliki kemampuan berbahasa yang normal (baik verbal, membaca, menulis maupun mengingat kalimat tertulis sebelumnya).
ü Anak mengalami kesulitan dalam aktivitas olahraga karena bingung mengikuti aturan permainan yang berhubungan dengan sistem skor. 
ü Memberikan jawaban yang berubah-ubah (inkonsisten) saat diberikan pertanyaan seputar penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
ü Seringkali anak tersebut menjadi takut memegang uang, menghindari transaksi, maupun kegiatan yang harus melibatkan penggunaan uang. 
ü Selain lemah pada kemampuan matematika, anak diskalkulia juga sulit memahami not-not angka dalam pelajaran musik yang menyebabkan anak kesulitan memainkan alat musik. 
ü Sering melakukan kesalahan ketika melakukan perhitungan angka-angka, seperti proses substitusi, mengulang terbalik, dan mengisi deret hitung serta deret ukur. 
ü Mengalami hambatan dalam mempelajari musik, terutama karena sulit memahami notasi, urutan nada, dan sebagainya. 
Bisa juga mengalami kesulitan dalam aktivitas olahraga karena bingung mengikuti aturan main yang berhubungan sistem skor.

Komentar

Postingan Populer