masyarakat multikultural-ISBD


A.Pengertian masyarakat multikultural (multicultural society): masyarakat yang terdiri dari banyak kebudayaan dan antara pendukung kebudayaan saling menghargai satu sama lain. Jadi, masyarakat multikultural merupakan masyarakat yang menganut multikulturalisme, yaitu paham yang beranggapan bahwa berbagai budaya yang berbeda memiliki kedudukan yang sederajat.

Pengertian Multikulturisme Menurut Para Ahli.

Multikulturalisme berhubungan dengan kebudayaan dan kemungkinan konsepnya dibatasi dengan muatan nilai atau memiliki kepentingan tertentu.
· “Multikulturalisme” pada dasarnya adalah pandangan dunia yang kemudian dapat diterjemahkan dalam berbagai kebijakan kebudayaan yang menekankan penerimaan terhadap realitas keagamaan, pluralitas, dan multikultural yang terdapat dalam kehidupan masyarakat. Multikulturalisme dapat juga dipahami sebagai pandangan dunia yang kemudian diwujudkan dalam kesadaran politik (Azyumardi Azra, 2007)
· Masyarakat multikultural adalah suatu masyarakat yang terdiri dari beberapa macam kumunitas budaya dengan segala kelebihannya, dengan sedikit perbedaan konsepsi mengenai dunia, suatu sistem arti, nilai, bentuk organisasi sosial, sejarah, adat serta kebiasaan (“A Multicultural society, then is one that includes several cultural communities with their overlapping but none the less distinc conception of the world, system of [meaning, values, forms of social organizations, historis, customs and practices”; Parekh, 1997 yang dikutip dari Azra, 2007).
· Multikulturalisme mencakup suatu pemahaman, penghargaan serta penilaian atas budaya seseorang, serta suatu penghormatan dan keingintahuan tentang budaya etnis orang lain (Lawrence Blum, dikutip Lubis, 2006:174)
· Sebuah ideologi yang mengakui dan mengagungkan perbedaan dalam kesederajatan baik secara individual maupun secara kebudayaan (Suparlan, 2002, merangkum Fay 2006, Jari dan Jary 1991, Watson 2000)
· Multikulturalisme mencakup gagasan, cara pandang, kebijakan, penyikapan dan tindakan, oleh masyarakat suatu negara, yang majemuk dari segi etnis, budaya, agama dan sebagainya, namun mempunyai cita-cita untuk mengembangkan semangat kebangsaan yang sama dan mempunyai kebanggan untuk mempertahankan kemajemukan tersebut (A. Rifai Harahap, 2007, mengutip M. Atho’ Muzhar).

Ciri-ciri masyarakat multikultural menurut Pierre van den Berghe :

a. Segmentasi (terbagi) ke dalam kelompok-kelompok
b. Kurang mengembangkan konsensus (kesepakatan bersama).
c. Sering mengalami konflik.
d. Integrasi sosial atas paksaan.
e. Dominasi (penguasaan) suatu kelompok atas kelompok lain.

Tipe-tipe masyarakat multikultural :


a. kompetisi seimbang : kelompok-kelompok yang ada mempunyai kekuasaan yang seimbang.
b. mayoritas dominan : kelompok terbesar mendominasi.
Contoh : Indonesia, umat Islam mayoritas dan memegang kekuasaan.
c. minoritas dominan : kelompok kecil yang mendominasi .
d. fragmentasi : masyarakat terdiri dari banyak kelompok yang kecil, tidak ada yang mendominasi.

Bentuk-bentuk multikulturalisme:

a. Multikulturalisme isolasi
b. Multikulturalisme akomodatif
c. Multikulturalisme otonomi
d. Multikulturalisme kritikal/interaktif
e. Multikulturalisme kosmopolitan

Hubungan Struktur Sosial Masyarakat Multikultural dengan Proses Integrasi Sosial

Dalam struktur sosial masyarakat multikultural dapat terjadi proses interseksi  sosial dan konsolidasi social .

Pengertian interseksi sosial : persilangan keanggotaan masyarakat.
Contoh interseksi social  :
Keterangan :
A : Suku Jawa                   I  :  Islam
B : Suku Minang               II : Kristen
Penjelasan :
Si A dan B, berbeda suku bangsa tapi sama agamanya.

Contoh interseksi sosial dengan parameter agama dan pendidikan:
Pak Buyung: suku Minangkabau, sarjana, beragama Islam, pengusaha.
Pak Bejo: suku Jawa, sarjana, beragama Islam, Pegawai Negeri Sipil.                                     

Bila terjadi proses interseksi sosial dalam struktur sosial masyarakat multikultural, akan mendukung tercapainya integrasi sosial.
(Interseksi sosial berdampak positif terhadap integrasi sosial)

Pengertian konsolidasi sosial : penguatan keanggotaan masyarakat.
Contoh konsolidasi social  :
Ikatan Keluarga Minang
Persatuan Masyarakat Betawi

Bila terjadi proses konsolidasi sosial dalam struktur sosial masyarakat multikultural, akan menghambat tercapainya integrasi sosial.

(Konsolidasi sosial, tanpa diiringi  perasaan nasionalisme, berdampak negatif terhadap integrasi sosial.)
Amalgamasi : perkawinan antar ras/suku .
Amalgamasi menyebabkan dalam masyarakat Indonesia dijumpai berbagai ras campuran.

Latar belakang terbentuknya masyarakat multikultural:

a. Bentuk wilayah : negara kepulauan .
Terjadi isolasi geografis yang menyebabkan terjadinya kemajemukan suku bangsa / kemajemukan budaya

b. Keadaan geografis : letak yang strategis di antara dua samudra dan dua benua.
Orang asing masuk ke Indonesia, dengan penjajahan dan perdagangan, terjadi kemajemukan agama.

c. Perbedaan cuaca dan struktur tanah
Perbedaan cuaca dan struktur tanah menyebabkan terjadinya kemajemukan mata pencaharian.

Pengaruh Terbentuknya Masyarakat Multikultural terhadap Kehidupan Masyarakat

a. Konflik
      Kondisi kemajemukan berpengaruh terhadap munculnya potensi : konflik horizontal.
b. Munculnya sikap primordialisme.
Primordialisme : paham yang memegang teguh hal-hal yang dibawa sejak lahir, baik mengenai tradisi, kepercayaan, maupun segala sesuatu yang ada di dalam lingkungan pertamanya.

Contoh perilaku primordial  :
a. Membentuk partai politik berdasarkan paham, ideologi, atau keterikatan pada faktor-faktor seperti suku bangsa, agama, dan ras
b. Memberikan prioritas atau perlakuan istimewa kepada orang-orang yang berasal dari daerah, suku bangsa, agama, atau ras tertentu .

Contoh primordial agama (memegang teguh ajaran dan norma agama):
Pengiriman Putri Indonesia ke ajang pemilihan Miss Universe, banyak mengalami penolakan dari para pemimpin agama
c. Munculnya sikap etnosentrisme
Etnosentrisme : sikap atau pandangan yang berpangkal pada masyarakat dan kebudayaan sendiri, biasanya disertai dengan sikap dan pandangan yang meremehkan masyarakat dan kebudayaan lain.

Contoh sikap etnosentrisme:  
Sudah puluhan tahun keluarga Pak Slamet (suku Jawa) merantau di daerah Bitung, Sulawesi Utara. Selama berinteraksi dengan lingkungan barunya, mereka masih memegang prinsip dan budaya asalnya.

d. Munculnya sikap fanatik dan ekstrem .
Fanatik : sangat kuat meyakini ajaran atau mendukung suatu kelompok.

Kerusuhan antarsuporter sepak bola merupakan contoh negatif perilaku masyarakat multikultural yang didasari : fanatisme.

Ekstrem : fanatik, sangat keras dan teguh
Seorang ekstremis menganggap bahwa hanya pendapat kelompok sendirilah yang benar dan menolak pendapat dari luar kelompoknya. 
Dalam kehidupan multikultural, sikap ekstrem tersebut dapat merusak upaya untuk memperkuat proses : integrasi.

e. Politik Aliran : ideologi nonformal yang dianut oleh anggota organisasi politik dalam suatu negara.
Contoh : partai Islam, partai Kristen

Dampak positif dari berkembangnya politik aliran yang terwujud dengan banyaknya partai politik adalah: beragam saluran aspirasi.

B.Faktor mempengaruhi timbulnya masyarakat multikultural di Indonesia

Begitu banyaknya ragam jenis budaya yang ada di Indonesia sehingga Indonesia menjadi Negara yang Multikultural karena banyaknya perbedaan yang ada baik perbedaan suku, ras maupun agama.
Tetapi dengan banyaknya perbedaan itu menjadikan Negara Indonesia yang begitu khas dan kaya karena perbedaan itu.
Bangsa Indonesia yang multi-etnik tidak terbentuk dalam waktu singkat, tetapi melalui suatu proses yang panjang dan melalui beberapa peristiwa. Kemajemukan dipengaruhi oleh faktor sejarah, persebaran penduduk antar wilayah, keadaan topografi, dan jenis mata pencaharian penduduk.
Tiga faktor utama yang mendorong terbentuknya kemajemukan bangsa Indonesia adalah sebagal berikut:

Latar Belakang Historis

Dalam sejarah, kita telah mengetahui bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan yang pindah ke pulau-pulau di Indonesia. Perpindahan itu terjadi secara bertahap dalam waktu dan jalur yang berbeda. Ada kelompok yang mengambil jalur barat melalui Selat Malaka menuju Pulau Sumatra dan Jawa.
Adapun kelompok lainnya mengambil jalur timur, yaitu melalui Kepulauan Formosa atau Taiwan, di sebelah selatan Jepang menuju Filipina, dan kemudian meneruskan perjalanan ke Kalimantan. Dari Kalimantan ada yang pindah ke Jawa dan sebagian lagi ke Pulau Sulawesi.
Sebelum tiba di kepulauan wilayah Indonesia, mereka telah berhenti di berbagai tempat dan menetap dalam jangka waktu yang lama, bahkan mungkin hingga beberapa generasi. Mereka melakukan adaptasi dengan Iingkungannya.

Mereka mengembangkan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan-keterampilannya, misalnya keterampilan membuat perahu dan mengenal pengetahuan-pengetahuan kelautan (navigasi) untuk digunakan selama perjalanan. Perbedaan jalur di perjalanan, proses adaptasi di beberapa tempat persinggahan yang berbeda, serta perbedaan pengalaman pengetahuan itulah yang menyebabkan timbulnya perbedaan suku bangsa dan budaya yang beraneka ragam di Indonesia.

Kondisi Geografis

Suatu kenyataan bahwa Indonesia adalah negara yang terdiri atas pulau-pulau yang satu sama lain dihubungkan oleh laut yang sangat potensial.
Selain itu, bentuk pulau-pulau memperlihatkan relief yang beraneka ragam. Perbedaan-perbedaan yang lainnya menyangkut curah hujan, suhu dan kelembapan udara, jenis tanah, tata air, serta flora dan fauna yang berkembang di atasnya.
Perbedaan-perbedaan kondisi geografis ini telah melahirkan berbagai suku bangsa, terutama yang berkaitan dengan pola kegiatan ekonomi mereka dan perwujudan kebudayaan yang dihasilkan untuk mendukung kegiatan ekonomi tersebut, misalnya nelayan, pertanian, kehutanan, dan perdagangan. Kita semua telah memahami bahwa Iingkungan geografis tidak menentukan kehidupan manusia, tetapi hanya memberikan corak kebudayaan itu berkembang.
Selain itu, letak geografi Indonesia terletak di antara dua samudra dan dua benua sehingga sangat strategis menerima pengaruh dari luar. Akibatnya, Indonesia memiliki kemajemukan dalam hal agama. Enam agama yang terdapat di Indonesia, yaitu Hindu, Buddha, Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, dan Konghucu.

Pengaruh dari Kebudayaan Luar

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang terbuka, hal ini dibuktikan dari besamya pengaruh asing dalam membentuk keanekaragaman masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. Pengaruh asing pentama yang mewarnai sejarah kebudayaan Indonesia adalah ketika orang-orang India, Cina, dan Arab mendatangi wilayah Indonesia, kemudian disusul oleh kedatangan bangsa Eropa. Bangsa-bangsa tersebut yang dating membawa kebudayaan beragam. Dari interaksi mereka, terjadi amalgamasi (kawin campur) serta asimilasi budaya antara kaum pedagang dan penduduk asli, sehingga membentuk ras, agama, dan kepercayaan yang berbeda-beda di Indonesia.
Daerah-daerah yang relatif terbuka, khususnya daerah pesisir, paling cepat mengalami perubahan. Sebaliknya, daerah-daerah yang terletak jauh dari pantai umumnya hanya sedikit terpengaruh, sehingga berkembang corak kebudayaannya pun khas. Kita lihat saja Jakarta, salah satu contoh kota pelabuhan, mempunyai corak kebudayaan yang beragam. Budaya Betawi memiliki sentuhan budaya Cina, Arab, dan India. Hal ini disebabkan oleh beragamnya orang yang datang atau singgah di kota ini. Mereka datang dari berbagai negara dan daerah dengan kebudayaan yang berbeda-beda. lnteraksi yang intensif memungkinkan terjadinya perubahan kebudayaan.

 

C.Realitas Sosial di Masyarakat Indonesia


Untuk memahami suatu masyarakat, tidak dapat dilakukan sekaligus secara menyeluruh sebab masyarakat terbentuk oleh berbagai aspek. Aspek-aspek itu merupakan suatu realitas yang menyusun masyarakat. Apabila masyarakat diibaratkan sebagai sebuah rumah, maka bagian-bagian yang menyusunnya adalah tiang, dinding, atap, pondasi, dan sebagainya. Demikian juga masyarakat, tersusun atas berbagai realitas sosial. Untuk memahami suatu masyarakat, kita harus memahami berbagai realitas sosial yang membentuk masyarakat itu.
Dalam istilah yang digunakan oleh Emile Durkheim, realitas sosial disebut fakta sosial. Fakta sosial adalah cara-cara bertindak, berpikir, dan berperasaan yang bersumber pada satu kekuatan di luar individu, bersifat memaksa dan mengendalikan individu. Emile Durkheim merinci fakta sosial meliputi hukum, moral, kepercayaan, adat istiadar, tata cara berpakaian, dan kaidah ekonomi yang berlaku di masyarakat. Dapatkah Anda menghindar dari aturan adat istiadat daerah? Bagaimana jika Anda memaksakan diri melanggar tata tertib berlalu lintas di jalan raya? Anda tentu akan mendapat sanksi bukan? Aturan-aturan itu sudah ada di masyarakat bahkan mungkin sejak Anda belum lahir, yang mau tidak mau harus dipatuhi.
Soerjono Soekanto merinci tujuh realitas sosial yang ada dalam masyarakat.

1. Interaksi Sosial

Interaksi sosial adalah cara-cara hubungan yang dapat dilihat apabila orang perorangan dan kelompok-kelompok manusia saling bertemu. Interaksi sosial dapat berupa hubungan antarpribadi, antara individu dengan kelompok, antarkelompok, dan antara individu dengan lingkungan.

2. Kebudayaan

Sebagai makhluk yang memiliki akal dan budi, manusia menciptakan kebudayaan untuk melindungi diri dan memenuhi kebutuhan hidupnya. Misalnya, dalam usaha melindungi diri dari cuaca, maunsia menciptakan pakaian dan rumah. Untuk melindungi diri dari ancaman binatang buas, manusia menciptakan berbagai macam alat perlindungan. Kebudayaan yang diciptakan manusia ini juga termasuk fakta sosial yang dikaji dengan ilmu sosiologi.

3. Nilai dan Norma Sosial

Di dalam masyarakat terdapat nilai dan norma sosial. Nilai sosial adalah sesuatu yang bersifat abstrak berupa prinsip-prinsip, patokan-patokan, anggapan, maupun keyakinan-keyakinan yang berlaku di suatu masyarakat. Prinsip-prinsip dalam nilai sosial itu menyangkut penilaian apakah sesuatu baik, benar, dan berharga yang seharusnya dimiliki dan dicapat oleh warga masyarakat. Norma sosial merupakan bentuk konkret dari nilai-nilai sosial yang berupa peraturan, kaidah, atau hukuman. Nilai dan norma sosial merupakan fakta yang ada dalam masyarakat, sehingga tidak bisa diabaikan dalam studi sosiologi.

4. Stratifikasi sosial

Dalam suatu masyarakat, setiap individu memiliki strata berbeda. Hal ini tidak boleh diabaikan dalam kajian sosiologi, karena perbedaan itu memberikan dampak pada hubungan dengan kelompok lain dengan segala akibat baik dan buruknya.

5. Status dan Peran Sosial

Status sosial dapat disamakan dengan kedudukan, peringkat, atau posisi seseorang dalam masyarakat. Di dalam suatu status, terkandung sejumlah hak dan kewajiban. Misalnya, seseorang yang berstatus sebagai siswa, maka dia memiliki hal untuk mendapatkan ilmu dan sekaligus memiliki kewajiban untuk belajar dengan tekun.
Status sosial berkaitan erat dengan peran sosial. Status bersifat pasif, sedangkan peran sosial bersifat dinamis. Peran sosial adalah tingkah laku yang diharapkan muncul dari seseorang yang memiliki status tertentu. Misalnya, tingkah laku yang diharapkan dari seorang yang berstatus siswa adalah rajin belajar, hormat kepada guru, dan lain-lain. Baik peran maupun status sosial turut mewarnai keberadaan suatu masyarakat, karena itu turut dipelajari dalam sosiologi.

6. Perubahan Sosial

Suatu masyarakat bukanlah komunitas yang pasif dan monoton, melainkan selalu mengalami perubahan-perubahan. Misalnya, perubahan sistem dunia politik di Indonesia yang pada masa pemerintahan Orde Baru semula terdiri atas tiga partai politik lalu pada masa reformasi menjadi sistem multipartai, mau tidak mau telah mengubah tata kehidupan berbangsa dan bernegara. Demikian juga, apabila di kelas Anda tiba-tiba diberlakukan tata tertib baru, tentu para siswa akan menyesuaikan dengan aturan baru itu. Sehingga terjadilah perubahan sosial. Kenyataan di masyarakat yang selalu berubah seperti itu juga dikaji dalam sosiologi.
D>Mewujudkan Masyarakat Multikultural Untuk Indonesia

Kepulauan Indonesia secara strategis terletak diantara dua pusat peradaban besar dunia, India dan Cina. Karena lokasinya yang istimewa itu, Indonesia begitupeka dengan pengaruh-pengaruh dalam kebudayaan yang dibawa oleh orang-orang yang lalu lalang dalam lalu lintas perdagangan dan menjadi daerah tujuan beberapa gelombang migrasi. Indonesia adalah suatunegara yang terdiri dari berbagai kepulauan yang letaknya agak berjauhan dengan daerah yang satu dengan yang lain. Akibatnya timbullah perbedaan unsur budaya dalam sistem religi atau kepercayaan. Perbedaan ini timbul akibat dari unsur-unsur budaya lokal yang tidak sama namun perbedaan ini memperlihatkan watak yang esensial. Akan tetapi hal inilah yang merupakan keuntungan karena semakin bertambahnya unsur-unsur dalam sistem religi atau kepercayaan dalam tiap daerah di Indonesia. Dalam suatu hal, berbagai agama pribumi tidak bisa dibandingkan karena mereka terbatas pada suatu kebudayaan dan hanya diwariskan dari generasi ke generasi (Russel, 2008: 72). N. Söderblom (1866-1931) dalam bukunya Das Werden des Gotten-Glauben (1916) menyatakan bahwa “Keyakinan yang paling awal yang menyebabkan terjadinya religi dalam masyarakat manusia adalah keyakinan akan adanya kekuatan sakti (mana) dalam hal-hal yang luar biasa dan yang gaib” (Koentjaraningrat, 2007 :78). Sistem religi atau kepercayaan adalah bentuk mainstream dari spiritualitas, dimana spiritualitas menjadi akar dari setiap agama-agama lokal. Namun sistem religi dapat diakui sebagai agama “besar” jika memiliki sifat yang universal, artinya sistem religi atau kepercayaan tersebut harus menyeluruh bukan bersifat eksklusif untuk suatu masyarakat tertentu. Sejarah mencatat bahwa agama-agama “besar” di Indonesia bukanlah hadir dalam ruang hampa yang tanpa sistem kepercayaan terhadap kekuasaan Yang Maha Kuasa. Agama-agama tersebut berkembang dan beradaptasi terhadap nilai-nilai luhur lokalitas yang telah ada sebelumnya. Perjalanan panjang Indonesia justu menunjukkan bahwa agama lokal bersikap begitu ramah terhadap agama-agama besar yang datang ke Indonesia seperti Hindu-Budha, Islam, Khatolik, dan Kristen Protestan. Terjadi percampuran beberapa unsur-unsur budaya yang menghasilkan bentuk baru dalam budaya tersebut. Memasuki abad ke-21 pada kenyataannya secara geografis Indonesia dengan 6000-an pulau yang didiami, 300-an suku, 400-an bahasa, dan lebih dari 6 agama dan kepercayaan yang diakui negara merupakan bentuk dari hasil pertemuan berbagai pengaruh budaya yang semakin kompleks dan dengan kekuatan-kekuatan globalisasi yang tidak henti-hentinya membentuk budaya dan masyarakat Indonesia. Muhammad Ali menjelaskan bahwa “Pada kenyataannya, tidak ada keberagaman yang benar-benar self-sufficient (cukup dengan sendirinya) dan benar-benar murni. Sepanjang sejarah, keberagaman senantiasa mengalami dialektika antara diri manusia dan lingkungannya (Ali, 2003: 77). Sebuah pekerjaan besar dari bangsa ini adalah mewujudkan suatu bentuk masyarakat multikultural yang pluralisme, tanpa ada sekat-sekat pemisah yang menghalangi cita-cita tersebut. Namun, apakah keinginan tersebut dapat terjadi ?. A.Definisi Agama Lokal Dan Agama Negara Menurut Durkheim (1954), konsepsi-konsepsi yang dimiliki manusia tentang Tuhan mencerminkan pengaturan sosial kehidupan mereka. Tuhan atau setidaknya pemahaman manusia tentang Tuhan tercipta dalam citra masyarakat (Ali, 2003; 33). Keyakinan dalam sistem religi atau kepercayaan agama lokal merupakan wujud dari gagasan dan konsepsi dari alam pikiran manusia. Alam pikiran manusia tersebut menyangkut sistem nilai dan sistem norma. Sistem religi atau kepercayaan agama lokal merupakan bentuk keyakinan yang eksklusif. Keyakinan ini merupakan nilai-nilai luhur lokalitas yang telah ada dan hanya terbatas pada suatu kebudayaan dan hanya diwariskan dari generasi ke generasi. Sesungguhnya bukanlah keyakinan tetapi perasaanlah yang menciptakan sistem religi atau kepercayaan agama lokal. Subagya menyebutnya sebagai agama etnis, agama suku, agama preliterate atau agama sederhana. Ia juga menyatakan bahwa agama asli yang ditemukan dalam penelitian berjumlah 40 agama asli, walaupun ia yakin bahwa jumlah seluruhnya lebih dari pada itu (Sukamto, 2002: 35). Agama menurut bahasa Sansekerta bermakna “tidak kacau”A berarti tidak dan Gama berarti kacau (Abbas, 1957: 19). Sedangkan dalam Kamus Jawa Kuno-Indonesia agama berarti suatu doktrin atau ajaran tradisional yang suci. Hal ini menunjukkan bahwa agama merupakan suatu yang dianut dan dianggap pasti dan mengikat bagi yang mempercayainya atau bisa disebut bahwa agama berarti aturan-aturan. Agama negara merupakan agama yang diakui keberadaannya oleh Undang-Undang. Agama negara adalah agama Hindu, Budha, Islam, Khatolik, Kristen, dan Kong Hu chu. Sedangkan agama lokal merupakan kepercayaan yang dianut oleh masyarakat tradisional dan hanya diwariskan dari generasi ke generasi. B.Mengkritisi Undang-Undang tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama Dalam pasal 29 ayat 1 Undang-Undang Dasar 1945, disebutkan bahwa Negara berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa. Ayat tersebut sudah merupakan bentuk diskriminasi dari keberagaman agama yang ada di Indonesia, karena Negara hanya mengakui agama yang Monotheisme. Padahal tidak semua agama yang ada di Indonesia bersifat monotheisme tetapi politheisme. Dengan adanya pembatasan agama berdasarkan pada pasal 29 ayat 1 jelas tidak berdasar dilihat dalam kacamata disiplin ilmu, karena Negara dalam hal ini Pemerintah tidak dapat mempertanggungjawakan secara ilmiah dalam suatu disiplin ilmu. Pada hal konsep monotheisme dan politheisme terdapat dalam ajaran agama Hindu. Sebaliknya, dalam ajaran Budha lebih kearahnon-theisme yang berarti tidak mengenal konsep Tuhann sebagai Personal God. Begitu juga dalam agama Kristen terdapat konsep Trinitas yang terdiri dari Bapa, Putra dan Roh Kudus yang kemudian menyatu menjadi satu. Namun dalam penafsirannya terdapat perbedaaan dari tiap orang. Tahun 1965 diterbitkannya Undang-Undang No. 1/PNPS/1965 tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama. Dengan adanya Undang-Undang ini semakin memperuncing sekat-sekat kebebasan antar umat beragama, seperti yang termuat dalam pasal 29 ayat 2 yang menjamin kemerdekaan para pemeluk agama untuk beribadah sesuai agama dan kepercayaannya. Harusnya dibuat suatu bentuk Undang-Undang yang mengatur mengenai kemajemukan kehidupan beragama bukannya mengatur tentang eksklusifisme suatu agama. Berdasarkan fakta sejarah perkembangan agama-agama di Indonesia jelas sekali bahwa agama-agama “besar” yang datang ke Indonesia telah mengalami percampuran budaya dengan budaya lokal yang menghasilkkan bentuk budaya baru. Jelas sekali kemurniaan dari agama-agama “besar” tersebut sudah tercampur dengan budaya lokal. Pada prinsipnyya keberadaan Undang-Undang ini membuat pemerintah terlalu jauh mengintervensi masalah keyakinan. Seharusnya masalah keyakinan merupakan wilayah pribadi masing-masing antara seseorang dengan Yang Maha Kuasa. C.Mewujudkan Masyarakat Multikultural Keyakinan keagamaan dalam sistem sosial adalah consensus. Berdasarkan kajian Durkheim (1965) mengenai totemisme sebelumnya, Parsons mereduksi peranan ritual agama dalam menciptakan dan memelihara solidaritas. Orang-orang yang memiliki bersam keyakinan dan ritual agama akan menyandang komunitas moral dan interaksi antara ritual bersama dan keyakinan bersama sehingga menciptakan kohesi yang berakar dari satu sama lain. Agama dan budaya manjadi problematik ketika memiliki implikasi horizontal. Yaitu, ketika satu keberagamaan atau keberbudayaan seseorang atau kelompok tertentu bergesekan dengan keberagamaan atau keberbudayaan orang atau kelompok lain (Ali, 2003: 87). Sebagian orang atau kelompok agama kadang terelalu bersikap resisten terhadap tradisi, sementara sebagian lagi lebih fleksibel menerima tradisi lama maupun baru. Negara Indonesia perlu mengembangkan dan mewujudkan nasionalisme egalitarian. Artinya negara menciptakan iklim yang kondusif bagi tumbuh kembangnya kemajemukan agama yang ada. Tetapi pada saat yang sama membangun kebangsaan yang setara antara orang atau kelompok yang berbeda itu agar tercipta kerukunan beragama. Multikulturalisme Indonesia juga harus menggambarkan pendekatan yang aktif dan proaktif dalam menghadapi tantangan-tantangan dan peluang-pekuanng yang diakibatkan kemajemukan itu sendiri. Jangan sampai tiap orang atau kelompok agama saling membentengi diri dari interaksi yang dilakukakan oleh orang atau kelompok agama lainnya. Seperti yang tertuang dalam Ketetapan MPR RI No. V/MPR/2000 tentang Pemantapan Persatuan Dan Kesatuan Indonesia, disebutkan bahwa arah kebijakan yang dilakukan pemerintah adalah manjadikan nilai-nilai agama dan nilai-nilai budaya bangsa sebagai sumber kehidupan berbangsa dan bernegara dalam rangka memperkuat akhlak dan moral penyelenggara negara dan masyarakat. 

E.Manfaat masyarakat multikultural

Pengaruh yang paling dominan dalam terbentuknya sebuah masyarakat multikultural adalah sikap mental masyarakat itu sendiri. Sikap masyarakat yang cenderung primordial dan tidak adil akan menjadi faktor penghambat terciptanya masyarakat multikultural tersebut. Kondisi itu dapat diminimalisasi atau bahkan dapat dihilangkan apabila manfaat dari terciptanya masyarakat multikultural disadari oleh semua pihak. Beberapa manfaat yang dapat dipetik dari masyarakat multikultural adalah sebagai berikut.
a. Melalui hubungan yang harmonis antarmasyarakat, dapat digali kearifan budaya yang dimiliki oleh setiap budaya.
b. Munculnya rasa penghargaan terhadap budaya lain sehingga muncul sikap toleransi yang merupakan syarat utama dari masyarakat multikultural.
c. Merupakan benteng pertahanan terhadap ancaman yang timbul dari budaya kapital yang cenderung melumpuhkan budaya yang beragam. Paham kapitalisme cenderung diskriminatif dan cenderung mengabaikan eksistensi budaya setempat.
d. Multikulturalisme merupakan alat untuk membina dunia yang aman dan sejahtera. Dengan multikulturalisme, bangsa-bangsa duduk bersama, saling menghargai, dan saling membantu untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi. Masalah yang dihadapi oleh suatu masyarakat secara langsung atau tidak langsung akan berpengaruh pada masyarakat lain pula.
e. Multikulturalisme mengajarkan suatu pandangan bahwa kebenaran itu tidak dimonopoli oleh satu orang atau kelompok saja, tetapi kebenaran itu ada di mana-mana, tergantung dari sudut pandang setiap orang. Masyarakat multikultural mengganggap bahwa dengan saling mengenal dan saling menghargai budaya orang lain, dapat tercipta kehidupan yang penuh toleransi untuk terciptanya masyarakat yang aman dan sejahtera.
Dari manfaat-manfaat di atas, sudah selayaknya kita menerima masyarakat multikultural tidak hanya sebagai realita sosial budaya saja. Yang lebih penting adalah adanya pemahaman bahwa masyarakat multikultural merupakan konsep acuan berpikir dan bertindak dalam menapaki hidup di masa sekarang dan masa yang akan datang

Komentar

Postingan Populer