koperasi mahasiswa


Koperasi Mahasiswa
Kopma (koperasi mahasiswa) sebagai koperasinya para mahasiswa, yang masa pendidikannya di perguruan tinggi juga disiapkan sebagai insan pembangunan masa depan, mestinya juga mulai mengkaji keterkaitan antara koperasi dengan program industrialisasi yang dilaksanakan sebagai bagian dari pembangunan.
Musyawarah nasional Koperasi Mahasiswa Indonesia I yang diselenggarakan di institut Manajemen Koperasi (IKOPIN) Jatinangor pada tanggal 8 hingga 11 april 1988 berusaha merumuskan landasan, arah gerak dan fungsi koperasi Mahasiswa.
MUNAS ini berhasil merumuskan model kopma dalam gerakan koperasi Nasional sebagai berikut:
a. Koperasi Mahasiswa adalah anggota lembaga ekonomi yang berwatak sosial yang merupakan wadah transformasi nilai-nilai koperasi dalam usaha mensejaherakan anggota dan kehidupan bangsa
b. Koperasi mahasiswa merupakan lembaga pengkaderan yang profesional,ideal,kreatif, dan kontruktif
c. Koperasi mahasiswa merupakan lembaga yang memperjuangkan nilai-nilai ekonomi dan merupakan katalisator dalam iklim kondusif
d. Koperasi mahasiswa merupakan suatu lembaga ekonomi yang berwatak sosial yang bertujuan meningkatkan perekonomian bangsa dan kesejahteraan anggota.
Perumahan model kopma diatas, berlandaskan sejarah gerakan koperasi dan berpegang teguh pada tren masa yang akan datang. Landasan konstitusional rumusan tersebut UUD 1945, UU perkoperasian dan GBHN.
Mahasiswa adalah aktor tunggal dalam koperasi mahasiswa. Mahasiswa berperan ganda sebagai subjek sekaligus sebagai objek. Sebagai subjek, mahasiswa adalah penggerak dan pengarah kopma. Sebagai objek, mahasiswa dikader menjadi wirakoperasi yang tangguh dengan kemampuan menejerial yang profesional dalam disiplin ilmunya. Diharapkan kader inilah yang akan menjadi motor koperasi dalam rangka revitalisasi koperasi dalam dunia usaha nasional.
Koperasi mahasiswa berada dilingkungan perguruan tinggi yang merupakan pusat dunia ilmu pengetahuan. Disisi lain koperasi mahasiswa merupakan gerakan koperasi. Dengan posisi strategis ini kopma diharapkan mampu memainkan peranan penting sebagai katalisator antara gerakan koperasi dengan perguruan tinggi dalam mewujudkan demokrasi ekonomi.
Koperasi sebagai gerakan sosial ekonomi adalah pelaku yang terju langsung dalam arus perubahan sosial itu sendiri. Oleh karena itu, koperasi akan selalu berhadapan dengan problema-problema sosial ekonomi yang aktual.
Dalam upaya mencapai kemandirian kopma ada dua hal pokok yang perlu yang perhatikan, yaitu kemampuan dalam bidang manajerial dan mandiri dalam pengaturan dan penyediaan sumber daya baik dana maupun tenaga.
Kemampuan berperan sebagai katalisator menuntut kopma untuk memiliki wawasan perubahan sosial, wawasan tentang perubahan ilmu dan teknologi, wawasan tentang perkoperasian dan perkembangannya, kemampuan menerjemahkan antara perguruan tinggi dan koperasi serta mengembangkan model-model untuk dikaji dan dikembangkan.
Namun demikian yang jelas, ada beberapa menfaat yang diperoleh mahsiswa dengan adanya kopma di kampus. Beberapa fakta yang ada, menunjukan mafaat kopma terletak pada unit usaha simpan pinjam. Manfaat unit usaha simpan pinjam ini memang dirasakan mahsiswa pada saat uang kiriman orang tua terlambat, adanya iuran yang mendadak, dan tidak mustahil karena persoalan coba-coba memanfaatkan uang yang sengaja dipinjamkan. Cukup dengan menahan kartu mahasiswa dan mengisi blangko dengan mudah dan waktu pendek akan diperoleh uang tunai yang segera dimanfaatkan.
Lain halnya dengan unit simpan pinjam. Disamping sangat membantu mahasiswa, ternyata cenderung mempunyai keuntungan komperatif lebih besar dari unit pertama. Persoalanya dapat ditebak karena adanya prosedur administrasi yang teratur, sanksi keterlambatan pengembalian dan kemungkinan penyelewengan pasti akan kentara.
Untuk kepermukaan tentang eksistensi kopma, diperlukan banyak persoalan menyangkut kebutuhan mahasiswa dan harapan-harapan tentang kopma.
Kendala pertama adalah dibukanya sistem komunikasi formal maupun informal pada kopma. Ketika rapat anggota tahunan dibuka, sistem komunikasi formal telah berjalan. Hanya saja karena dihadiri oleh sebagian tertentu mahasiswa, maka banyak inspirasi yang tidak tertampung. Juga karena kemungkinan peserta yang kurang berminta dengan kopma, menjadikan komunikasi formal berjalan dengan tanpa membuahkan ide apa-apa.
Kendala lain yang perlu diangkat ke permukaan adala sistem pengawasan dan perencanaan. Adanya beberapa penyimpangan pada pengelolaan bukan mustahil disebabkan sistem pembukaan yang keliru. Perlu disusun sistem pengawasan yang melibatkan mahasiswa secara keseluruhan. Dengan komunikasi diharapkan akan dapat ditampung inspirasi tentang prosedur yang baik dan sesuai untuk kopma.

Komentar

Postingan Populer