PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH MENENGAH


PENDAHULUAN
1. Latar Belakang 
Penertian anak sekolah menengah adalah peserta didik pada jenjang sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) dan sederajat, serta peserta didik pada jenjang sekolah menengah (SMU dan SMK) dan sederajat. Dalam kategori psikologi perkembangan, siswa SLTP termasuk pada masa remaja awal, sedangkan siswa SMU termasuk remaja akhir. Perkembangan anak kedua tahap masa remaja tersebut memiliki karakteristik masing-masing yang khas, yang membedakan perkembangan keduanya. 
2. Batasan-batasan makalah
Pada makalah ini akan dibahas tentang
a.perkembangan fisik/jasmani
b. perkembangan intelektual
c. Pemikiran social dan moralitas
d. Perkembangan pemikiran politik
e. Perkembangan agama dan keyakinan
3. Tujuan makalah
a. Dapat mengetahui dan memahami tentang perkembangan anak usia sekolah menengah
b. Sebagai tugas dan tambahan nilai mata kuliah















BAB II
PEMBAHASAN 
A. Perkembangan fisik/jasmani
Salah satu segi perkembangan yang cukup pesat dan Nampak dari luar adalah perkembangan fisik. Pada masa remaja, perkembangan fsik mereka sangat cepat dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya. Pada masa remaja awal (usia SLTP) anak-anak ini nampak postur tubuhnya tinggi-tinggi tetapi kurus. Lengan kaki dan leher mereka panjang-panjang, baru kemudian berat badan mereka mengikuti dan pada akhir masa remaja,proporsi tinggi dan berat badan mereka seimbang. Pada usia 11-12 tahun tinggi badan anak laki-laki dan wanita tidak jauh berbeda, pada usia 12-13 tahun pertambahan tinggi badan anak wanita lebih cepat dibandingkan dengan anak laki-laki, tetapi pada usia 14-15 tahun anak laki-laki jauh dari wanita, lebih tinggi sekitar 7 sampai dengan 10 cm. Rata-rata pertambahan tinggi badan masih dapat diperkirakan, tetapi pertambahan berat lebih sulit diperkirakan. Hal itu disebabkan karena besarnya pengaruh faktor luar, seperti kondisi social ekonomi, pengaruh komposisi dan gizi makanan. Perubahan yang sangat cepat dalam tinggi ini, tidak berjalan sejajar dengan kekuatan dan keterampilan. Keduanya agak tertinggal dibandingkan dengan  tinggi badan. Anak yang pada usia SD jagoan dalam olah raga, padausia SLTP mengalami sedikit kemunduran karena belum ada penyesuaian dengan perubahan-perubahan fisik yang dialami, gerak-gerik mereka pun Nampak  kaku dan canggung. 
Selain terjadi pertambahan tinggi badan yang sangat cepat, pada masa remaja  berlangsung perkembangan seksual yang cepat pula. Perkembangan ini ditandai dengan munculnya ciri-ciri kelamin primer dan sekunder. Ciri-ciri kelamin primer berkenaan dengan perkembangan alat-alat reprokduksi, baik pada pria maupun wanita. Pada awal masa remaja  anak wanita mulai mengalami menstruasi dan laki-laki mengalami mimpi basah, dan pengalaman ini merupakan pertanda bahawa mereka telah memasuki masa kematangan seksual. Ciri-ciri kelamin sekunder, berkenaan dengan tumbuhnya bulu-bulu pada seluruh badab, perubahan suara semakin rendah-besar (lebih-lebih pada pria), membesarnya buah dada pada wanita, dantumbuhnya jakun pada pria. Dengan perkembangan ciri-ciri kelamin sekunder ini, secara fisik remaja mulai menampakan ciri-ciri orang dewasa.
No 
Siswa SLTP (Remaja Awal)
Siswa SLTA (Remaja Akhir)
1.
Laju perkembanga secara umum berlangsung secara pesat
Laju perkembangan secara umum kembali menurun, sangat lambat
2. 
Proporsi ukuran tinggi dan berat badan sering kurang seimbang (termasuk otot dan tulang belu-lang
Proporsi ukuran tinggi dan berat badan lebih seimbang mendekati kekuatan tubuh orang dewasa.
3. 
Munculnya ciri-ciri sekunder ( tumbuh bulu pada pubic region, otot mengembang pada bagian-bagian tertentu), disertai mulai aktifnya sekresi kelenjer jenis (menstruasi pada wanita dan polusi pada pria pertama kali)
Siap berfungsinya organ-organ reproduktif seperti pada orang-orang yang sudah dewasa
4. 
Gerak-gerik tampak canggung dan kurang terkoordinasikan
Gerak-geriknya mulai mantap
5.
Aktif dalam berbagai jenis cabang permainan yang dicoba
Jenis dan jumlah cabang permainan lebih selektif dan terbatas pada keterampilan yang menunjang kepada persiapan kerja
 Pada masa remaja juga terjadi perkembangan hormone seksual yang dihasilkan oleh kelenjer endokrin yang masuk dalam darah. Hormone yang terprnting yang berkaitan dengan perkembangan kehidupan seksual adala testosterone dan estrogen. Keduanya ada, baik pada pria maupun wanita, tetapi konsetrasi yang tinggi daro testosterone ada pada pria, sehingga sering disebut sebagai hormone kepriaan dan estrogen terkonsetrasi tinggi pada wanita disebut hormone kewanitaan
Testosterone merangsang pertumbuhan otot dan tulang-tulang, baik pada pria maupaun wanita
Estrogen merangsang pertambahan penyimpanan lemak dibawah kulit, dan mendorong pematangan tulang-tulang sehingga mencapai bentuk dan kekuatan sebagai oang dewasa. Abin Syamsuddin Makmun (1996:92) memetakan perbedaan profil perkembangan fisik dan perilaku psikomotorik antara remaja awal dengan remaja akhir seperti tampak pada table berikut:

B. Perkembangan Intelektual
Sejalan dengan perkembangan fisik yang cepat, berkembang pula kemampuan intelektual berpikirnya. Kalau pada usia sekolah dasar, kemampuan berpikir anak masih berkenaan dengan hal-hal yang konkrit atau berpikir konkrit, pada masa SLTP mulai berkembang kemampuan bepikir abstrak, remaja mampu membayangkan apa yang akan dialami bila terjadi suatu peristiwa umpamanya perang nuklir, kamat dan sebagainya. Remaja telah mampu berpikir jauah melewati kehidupannya baik dalam dimensi ruang maupun waktu. Berpikir abstrak adalah berfikir tentang ide-ide, yang Oleh Jean Piaget seorang ahli psikologi dari Swis disebutnya sebagai berpikir formal operasional. 
Berkembangnya kemampuan berpikir normal operasional pada remaja ditandai dengan tiga hal penting. Pertama, anak mulai mampu melihat(perpikir) tentang kemungkinan-kemungkinan. Kedua anak telah mampu berpikir ilmiah. Ketiga, remaja telah mampu memadukan ide-ide secara logis. Ide-ide atau pemikiran abstark yang kompleks telah mampu dipadukan dalam suatu kesimpilan yang logis. 
Secara umum kemampuan berpikir formal mengarahkan remaja kepada pemecahan masalah-masalah berpikir secara sistematik. Dalam kehidupan sehari-hari para remaja demikian juga orang dewasa jarang menggunakan kemamupan berpikir formal walaupun mereka sebenarnya mampu melaksanakannya. 
Oleh karena itu, guru perlu mendorong mulai kemampuan berpikir, para siswa pada usia ini, tentang kemungkinan kedepan. Mengarah para siswa kepada  pemikiran kepada pemikiran tentang pekerjaan yang tentunya pemikiran tersebut, diesuaikan dengan pertambahan usia. Para remaja muda (usia SLTP) pemiran tantang pekerjaan masaih diwarnai oleh fantasinya, sedang pada remaja dewasa (usia SLTA) telah lebih realistik.
Abin Syamsuddin Makmun (1996:92), berikut ini disajikan perbedaan perkembangan intelektual antara siswa SLTP dan siswa SLTA.
Perbedaan Profil Perkembangan Intelektual
Antara siswa SLTP dengan siswa SLTA
No 
Siswa SLTP (Remaja awal)
Siswa SLTA (remaja Akhir)
1.
Proses berpikirnya sudah mampu mengopersikan kaidah-kaidah logika formal (asosiasi, difernsiasi, koparasi, dan kausalitas) dalam ide-ide atau pemikiran abstrak (meskipun relaitf terbatas)
Sudah mampu mengopersikan kaidah-kaidah logika formal disertai kemampuannya membuat generali-sasi yang lebih konklusif dan komprehensif
2.
Kecakapan dasar umum (general intelligence) menjalani laju perkembangan yang terpesat (terutama bagi yang belajar disekolah)
Tercapainya titik puncak 9kedewasaan intelektual umum, yang mungkin ada pertambahan yang sangat terbatas bagi yang terus berskolah)
3.
Kecakapan dasar khusus (bakat atau aptitude) mulai menunjukkan kecendrungan-kecendrungan labih jelas
Kecendrungan bakat tertentu mencapai titik puncak dan kemantapannya


C. Pemikiran Sosial dan Moralitas
Keterampilan berpikir baru dimiliki remaja adalah pemikiran social. Pemikiran social ini berkenaan dengan pengetahuan dan kenyakinan mereka tentang masalah-masalah hubungan pribadi dan sosial. Remaja awal telah mempunyai pemikiran-pmikiran logis, tetapi  dalam pemikiran logis ini mereka seringkali menghadapi kebingunga antara pemikiran orang lain. Menghadapi keadaan ini berkembang pada remaja sikap egosentrisme, yang berupa pemikiran-pemikiran subjektif logis dirinya tentang masalah-masalah sosial yang dihadapi dalam masyarakat atau kehidupan pada umumnya. 
Pada masa remaja rasa kepedulian terhadap kepentingan dan kesejahteraan orang lain cukup besar, tetapi kepedulian ini masih dipengaruhi oleh sifat egosentrisme. Pada masa remaja juga telah berkembang nilai moral berkenaan dengan rasa bersalah, telah tumbuh pada mereka bukan saja rasa bersalah karena berbuat tidak baik, tetapi juga bersalah karena tidak berbuat baik. Dalam perkembangan nilai moral ini, masih nampak adanya kesenjangan. Remaja sudah mengetahui nilai atau prinsip-prinsip yang mendasar, tetapi mereka belum mampu melakukannya, mereka sudah menyadari bahwa membahagiakan orang lain itu adalah baik, tetapi mereka belum mampu melihat bagaimana merealisasikannya. 
Profil perkembangan pemikiran sosial dan moralitas siswa SLTP dan SLTA dipetakan seperti tampak pada table berikut ini:
Perbedaan profil perkembangan pemikiran 
Sosial dan Moralitas Antara siswa SLTP dengan siswa SLTA
NO 
Siswa SLTP (Remaja Awal)
Siswa SLTA (remaja akhir)
1.
Diawali dengan kecendrungan ambivalensi keinginan menyendiri dan keinginan bergaul dengan banyak tetapi bersifat temporer
Bergaul dengan jumlah teman yang lebih terbatas dan selektif serta bertahan lebih lama
2.
Adanya ketergantungan yang kuat kepada kelompok sebaya disertai semangat kompormitas yang tinggi
Ketergantungan kepada kelompok sebaya berangsur fleksibel, kecuali dengan teman dekat pilihannya yang banyak memiliki kessamaan minat, dan sebagainya
3.
Adanya ambivalensi antara keinginan bebas dari dominasi pengaruh orang tua dengan kebutuhan bimbingan dan bantuan dari orang tuanya 
Mulai dapat memelihara jarak dan batas kebebasannya mana yang harus dirundingkan dengan orang tuanya
4.
Dengan sikapnya dan cara berpikirnya yang kritis mulai menguji kaidah-kaidah atau sistem nilai etis dengan kenyatannya dalam perilaku sehari-hari oleh para pendukungnya(orang dewasa)
Sudah dapat memisahkan antara siswa nilai-nilai dangan kaidah-kaidah normative yang universal dari para pendukungnya yang mungkin dapat berbuat keliru atau kesalahan 
5.
Mengidentifikasi dirinya dengan tokoh-tokoh moralitas yang dipandang tepat dengan tipe idolanya


D. Perkembangan Pemikiran Politik 
Pemikiran politik remaja hamper sama dengan perkembangan moral, karena memang keduanya berkaitan erat. Remaja telah mempunyai pemikiran-pemikiran politik yang lebih kompleks dari ide-ide dan pandangan politik yang lebih abstrak, dan telah melihat banyak hubungan antara hal-hal tersebut.mereka dapat melihat pembentukan hokum dan peraturan-peraturan lagal secara demokratis, dan melihat hal-hal tersebut dapat diterapkan pada seiap orang di masyarakat, dan bukan pada kelompok-kelompok khusus. Pemikiran politik ini jelas menggambarkan unsur-unsur kemampuan berpikir formal operasional dari Piagaet dan pengembangan lebih tinggi dari bentuk pemikiran moral Kohlberg. Remaja juga masih menunjukkan adanya kesenjangan dan ketidakajegan dalam pemikiran politiknya. Pemikiran politiknya tidak didasarkan atas prinsip seluruh atau tidak sama sekali, sebagai ciri kemampuan pemikiran moral tahap tinggi, tetapi lebih banyak didasari oleh pengetahuan-pengetahuan politik yang bersifat khusus. Meskipun demikian pemikiran mereka sudah lebih abstrak dan kurang bersifat individual dibandingkan dengan usia anak sekolah dasar. 
E. Perkembangan Agama dan Keyakinan 
Perkembangan pemikiran remaja mempengaruhi perkembangan pemikiran dan keyakinam tentang agama. Kalau pada tahap usia sekolah dasar pemikiran agama ini bersiat dogmatis,masih mempengaruhi oleh pemikiran yang bersifat konkret dan berkenaan dengan sekitarv kehidupan,maka pads masa remaja sudah berkembang lebih jauh,didasari pemikiran – pemikiran rasional,menyangkut tentang hal – hal yang bersifat abstrak atau gaib dan meliputi hal-hal yang lebih luas.remaja yang mendapatkan pendidikan agama intensif,bukan saja telah memiliki kebiasaan melaksanakan kegiatan peeribadatan dan ritual tetapi agama,tetapi juga telah mendapat atau menemukan kepercayaan – kepercayaan khusus yang lebih mendalam dan membentuk keyakinan dan menjadi pegangan dalam merespon masalah-masalah dalam kehidupannya. Keyakinan yang lebih luas dan mendalam ini,bukan hanya diyakinj atas dasar pemikiran tetapi juga keimanan. Pada masa remaja awal,tambaran tuhan masih diwarnai tentang ciri-ciri manusia,tetapi pada masa remaja akhir gambaran ini telah berubah kea rah gambaran sifat-sifat tuhan yang sesungguhnya
Perbedaan profil perkembangan agama dan keyakinan. Antara siswa SLTP da SLTA adalah sebagai berikut
no
Siswa SLTP(remaja awal)
Siswa SLTA(remaja akhir )
1
Mengenai ekstensi (keberadaan)sifat kemurahan dan keadilan tuhan mulai di pertanyakan secara kritis dan skeptic
Ekstitensi dan sifat kemurahan serta keadilan tuhan mulai dipahamkan dan dihayati menurut system kepercayaan atau anak yang dianutnya
2
Pnghayatan kehuidupan keberagamaan sehari-hari dilakukan mungkin didasarkan atas pertimbangan adanya semacam tuntutan yang memaksa dari keluar jendela
Penghayatan dan peklaksanaan kehidupan keberagamaan sehari-hari mulai dilakukan atas dasar kesadaran dan pertimbangna  hati nuraninya sendiri yang tulus ikhlas
3
Masih mencari dan mencoba menemukan pegangan hidup
Mulai menemukan pegangan hidup yang definitif







BAB III.
PENUTUP

1. Kesimpulan
Anak - anak akan terus mengalami pertumbuhan dari anak-anak menuju dewasa.baik secara fisik.maupun fsikis.namun di antara masa anak-anak menuju masa kedewasaan ada  suatu masa "peralihan"yang disebut masa remaja.pada masa ini menurut sebagian orang iti disebut masa yang labil,mereka mencari "sesuatu" hal yang baru bagi mereka.terutama yang berkaitan dengan jati dirinya
Pada usia remaja ini ada sejumlah perkembangan-perkembangan. Di antaranya
1.perkembangan fisik/jasmani.ini nampak seperti naiknya postur tubuhnya.berat badan mereka naik dan mulai berfungsi organ seksual
2. Perkembangan intelektual. Ini akan nampak seperti mulai berkembang kemampuan berpikir abstrak,dan sudah bisa membayangkan hal yang terjadi di masa depan
3. Pemikiran sosial dan moralitas seperti mulai tumbuhnya untuk kesadaran akan berinteraksi sosial dan sikap yang sesuai dengan aturan sekitar
4. Perkembangan pemikiran politik
5. Perkembangan keyakinan dan agama

2. Saran. 
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua,khususnya bagi penulis. Dalam pembuatan makalah ini masih terdapat kekurangan  untuk itu penulis mengharapkan kritik yang membangun dari dosen pembimbing dan rekan mahasiswa.

Komentar

Postingan Populer