landasan pembelajaran


 1.      Aktivitas pembelajaran merupakan aktivitas manusia sebagai makhluk berbudaya (pendidikan sebagai gejala budaya), memberikan konsekuensi bahwa perbaikan dalam pembelajaran terus dilakukan. Oleh karena itu diperlukan landasan pembelajaran yang mantap agar perubahan yang dilakukan didasarkan kajian-kajian yang bisa dipertanggungjawabkan. Diantaranya terdapat tiga landasan dalam kerja tersebut , yaitu landasan filosofis, landasan sosiologis dan landasan psikologis.
a.       Peran Landasan Filosofis dalam memecahkan persoalan pembelajaran di Indonesia.
Landasan filosofis berfungsi sebagai azas kerokhanian dan azas moral system pendidikan nasional.  Karena itu kebijaksanaan, strategi dan proses pembinaan sumber daya manusia berkualitas sebagai tujuan pendidikan nasional bersumber dan dijiwai oleh azas normative filsafat pendidikan bangsa Negara yaitu Pancasila.  
Contoh : Guru dalam menyelesaikan persoalan persoalan dalam pembelajaran berlandaskan Pancasila.  Misalnya berdoa sebelum  dan sesudah pembelajaran, mengutamakan musyawarah,  tidak membedakan SARA, memberi nilai secara adil kepada seluruh siswa 

b.      Peran Landasan sosiologis dalam memecahkan persoalan pembelajaran di Indonesia.
Sosial budaya merupakan bagian hidup manusia yang paling dekat dengan kehidupan manusia sehari hari. Setiap kegiatan manusia hampir tidak pernah lepas dari unsure social budaya.  Sebab sebagian besar kegiatan manusia dilakukan secara kelompok termasuk kegiatan pendidikan dan proses pembelajaran. 
Proses social dan interaksi social didasari factor factor:
·         Imitasi atau peniruan, bisa bersifat positif atau negative.  Contohnya anak akan meniru gaya berpakaian seorang guru yang rapi, atau selalu berdisiplin tetapi bisa juga anak akan meniru perilaku yang tidak baik dari guru. Jadi guru dalam hal ini menjadi teladan bagi anak. Kalau dalam proses pembelajaran, guru bersikap otoriter maka anak akan meniru sikap itu, mungkin pada adik kelasnya atau pada adiknya dirumah.
·         Sugesti akan terjadi kalau seorang anak menerima atau tertarik pada pandangan atau sikap orang lain yang berwibawa atau berwenang atau  mayoritas.  Disekolah yang berwibawa misalnya guru, yang berwenang misalnya kepala sekolah dan yang mayoritas misalnya pendapat sebagian besar temannya.  Sugesti ini memberi jalan bagi anak untuk mensosialisasi dirinya.  Namun kalau anak terlalu sering mensosialisasi lewat sugesti dapat membuat daya berpikir  yang rasional terhambat.
·         Seorang anak juga dapat mensosialisasikan diri lewat identifikasi. Ia berusaha atau mencoba menyamakan dirinya dengan orang lain baik secara sadar atau tidak sadar.  Contohnya seorang anak mengidentifikasi guru putri yang cantik.  Anak itu kemudian ingin secantik gurunya, paling sedikit dalam caranya berdandan
·         Simpati adalah factor terakhir yang membuat anak mengadakan proses social.  Simpati terjadi manakala seseorang merasa tertarik kepada orang lain.   Faktor perasaan memegang peranan penting dalam simpati.  Oleh sebab itu hubungan yang akrab perlu dikembangkan peserta didik agar simpati ini mudah muncul, sosialisasi mudah terjadi dan anak anak tertib mematuhi peraturan peraturan kelas dalam belajar.
Untuk memudahkan sosialisasi dalam pendidikan maka guru menciptakan situasi terutama pada dirinya sendiri, agar factor factor yang mendasari sosialisasi ini muncul pada diri anak didik.  Misalnya guru harus menjadi contoh dalam berperilaku agar ditiru, diidentifikasi dan anak anak bersimpati kepadanya.  Begitu pula dengan kondisi kelas, perlu dibina dengan baik agar sosialisasi anak tidak terhambat.
c.       Peran Landasan Psikologis dalam memecahkan persoalan pembelajaran di Indonesia.
Jiwa manusia berkembang sejajar dengan pertumbuhan jasmani. Makin besar anak makin berkembang pula jiwanya dengan melalui tahap tahap tertentu hingga mencapai kedewasaan.  Dalam perkembangan jiwa dan jasmani itulah seyogyanya anak anak belajar sebab pada masa itu mereka peka belajar dan punya waktu banyak untuk belajar.  Masa belajar ini bertingkat tingkat sejalan dengan fase perkembangan mereka.  Oleh karena itu layanan pendidikan terhadap mereka harus dibuat bertingkat tingkat agar pelajaran dapat dipahami oleh anak anak. 
Setiap anak juga punya gaya belajar dan pilihan terhadap lingkungan belajar yang berbeda beda, maka strategi yang digunakan harus disesuaikan. Bakat anak juga berbeda, karena itu diusahakan pengembangan bakatnya .
Contoh : Guru memberikan materi yang sesuai fase perkembangan siswanya, karena agar pembelajaran bermakna, guru memberikan strategi pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa.

2.      A. Keunggulan KTSP
·         KTSP memberikan otonomi luas kepada sekolah dan satuan pendidikan untuk mengembangkan kurikulum sesuai kondisi setempat.  Kondisi ini menyangkut kondisi dan kebutuhan peserta didik serta tuntutan masyarakat. KTSP sangat memungkinkan bagi setiap sekolah untuk menitikberatkan dan mengembangkan mata pelajaran tertentu yang akseptabel bagi kebutuhan siswa. Selain itu, KTSP sekolah memiliki  kewenangan untuk menggali dan mengelola sumber dana sesuai dengan prioritas kebutuhan.  
·         Sekolah bisa berkembang semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik bagi anak didik, misalnya menjadi sekolah plus. Jadi dalam hal ini pihak sekolah akan berupaya untuk menjadikan ‘sekolahnya menjadi sekolah pilihan masyarakat’
·         Partisipasi masyarakat dan orang tua siswa lebih tinggi ( tidak hanya dalam hal keuangan tetapi juga merumuskan serta mengembangkan program program yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran)

B. Titik lemah pelaksanaan KTSP bila dikaitkan dengan keberadaan SDM bangsa Indonesia saat ini adalah ketidak seragaman kemampuan sumber daya sekolah terutama di daerah yang ditandai oleh:
·         Sebagian kepala sekolah dan guru masih belum memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi kondisi dan kebutuhan peserta didik dan masyarakat.
·         Kurikulum KTSP menuntut sekolah untuk punya visi dan misi yang jelas tetapi kadang kepala sekolah dan guru belum mampu untuk mewujudkan visi dan misi itu. Jadi baru tulisan di dinding sekolah.
·         Partisipasi masyarakat dan orang tua masih sangat rendah dalam pengembangan KTSP. 
·         Musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), dan Kelompok Kerja Guru masih belum aktif. Meskipun di kabupaten telah ditetapkan satu hari dalam seminggu bagi guru bidang studi untuk mengadakan pertemuan, tapi kebanyakan guru menggunakannya untuk hari libur karena tidak mengajar.
·         KTSP menuntut kemandirian guru teutama dalam melaksanakan, menyesuaikan dan mengadaptasikan KTSP dalam pembelajaran dikelas. Tetapi banyak guru masih tidak mau repot dan meskipun sudah membuat RPP, pelaksanaannya seringkali tidak sesuai.

3.      A.Persoalan dalam pendidikan karakter  di Indonesia

Pendidikan karakter bisa berbasis pada nilai religious, nilai budaya, lingkungan dan berbasis potensi diri.  Dalam pendidikan di Indonesia, pendidikan karakter belum menggunakan strategi yang sesuai.  Aspek kognitif lebih ditekankan dibandingkan aspek afektif dan psikomotor.  Misalnya pembelajaran agama dan kewarganegaraan ujiannya masih menggunakan ujian tulis.  Belum menilai kesesuaian tingkah laku siswa dengan agamanya atau nilai budaya Indonesia.
Dalam kaitannya dengan karakter berbasis lingkungan, kita belum mampu memberikan contoh bagi generasi muda untuk peduli lingkungan dan kita belum memberikan penghargaan yang pantas untuk orang orang yang peduli lingkungan.  Dan kita belum memberi sangsi hukum  yang sesuai bagi perusak lingkungan.
Dalam kaitannya dengan potensi diri anak didiknya,kita belum mampu membentuk sikap pribadi yang punya kesadaran untuk memberdayakan potensi dirinya semaksimal mungkin.  

B. Solusi  yang harus dilakukan sekolah dalam pembelajaran karakter generasi muda sebagai pengganti generasi dimasa mendatang 
·         Penggunaan metode behavioristik dengan memberi akan menumbuhkan karakter dan perilaku yang baik.  Hal ini ditunjukkan dengan : 1) teladan dari orang dewasa, (kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan) , 2) penegakan hukum atau pemberian sangsi yang sesuai dan 3) pemberian penghargaan bagi siapa yang bisa menjadi teladan.
·         Peningkatan kualitas pendidik (guru) dalam hal ini menyangkut masalah peningkatan pengetahuan (kognitif), maupun sikap (adaptif).
·         Peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam upaya pengembangan karakter peserta didik.
·         Penambahan sarana & prasarana yang menunjang proses pembelajaran.
·         Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif sehingga mampu mewujudkan manusia-manusia yang berkarakter.
·         Diperlukan kerjasama antara pihak sekolah dengan keluarga, masyarakat, pemerintah dan stake holder dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan di sekolah.
·         Adanya Evaluasi yang konsisten dan kontinu dari pihak sekolah dan instansi terkait.
  KONDISI IDEAL PEMBELAJARAN
1.         Pengertian Pembelajaran Ideal
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan , penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. 
Konsep pembelajaran menurut Corey (Syaiful Sagala, 2011: 61) adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respons terhadap situasi tertentu, pembelajaran merupakan subset khusus dari pendidikan.Pembelajaran mengandung arti setiap kegiatan yang dirancang untuk membantu seseorang mempelajari suatu kemampuan dan nilai yang baru. Proses pembelajaran pada awalnya meminta guru untuk mengetahui kemampuan dasar yang dimiliki oleh siswa meliputi kemampuan dasarnya, motivasinya, latar belakang akademisnya, latar belakang ekonominya, dan lain sebagainya.kesiapan guru untuk mengenal karakteristik siswa dalam pembelajaran merupakan modal utama penyampaian bahan belajar dan menjadi indikator suksesnya pelaksanaan pembelajaran.
Dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran adalah usaha sadar dari guru untuk membuat siswa belajar, yaitu terjadinya perubahan tingkah laku pada diri siswa yang belajar, dimana perubahan itu dengan didapatkannya kemampuan baru yang berlaku dalam waktu yang relative lama dan karena adanya usaha. 
Ideal adalah sangat sesuai dengan yang dicita-citakan atau diangan-angankan atau dikehendaki.
Pembelajaran yang ideal ditandai dengan sifatnya yang menekankan pada pemberdayaan siswa secara aktif.Dari defenisi belajar dan pembelajaran serta ideal, maka hakikat pembelajaran yang ideal adalah proses belajar mengajar yang bukan saja terfokus kepada hasil yang dicapai peserta didik, namun bagaimana proses pembelajaran yang ideal mampu memberikan pemahaman yang baik, kecerdasan, ketekunan, kesempatan dan mutu serta dapat memberikan perubahan prilaku dan mengaplikasikannya dalam kehidupan mereka. 
Pembelajaran ideal juga akan melatih dan menanamkan sikap demokratis bagi siswa dan juga dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga memberikan kreatifitas siswa untuk mampu belajar dengan potensi yang sudah mereka miliki yaitu dengan memberikan kebebasan dalam melaksanakan pembelajaran dengan cara belajarnya sendiri.

2.      Pembelajaran yang Ideal
Hal-hal yang harus dilakukan agar pembelajaaraan menjadi pembelajaraan ideal :
1)      Memilih Metode Pembelajaran yang Baik 
Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang tidak terlepas dari berbagai komponen belajar yang saling mendukung. Komponen-komponen tersebut antara lain berkaitan dengan pemilihan strategi, metode dan teknik pembelajaran dengan tujuan untuk mewujudkan suatu pembelajaran yang efektif dan bermakna bagi peserta didik. Untuk menentukan strategi pembelajaran yang baik, guru dituntut harus mampu menguasai berbagai metode dan teknik dalam pembelajaran. Untuk itu agar mendapatkan hasil yang baik, maka pembelajaran harus direncanakan, karena tanpa rencana yang baik maka pembelajaran tidak akan mempunyai arah yang jelas. Perencanaan pembelajaran dapat dimulai dari strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran tersebut.
Strategi pembelajaran adalah cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran dalam rangka memanfaatkan sumber yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang diharapkan sehingga akan memudahkan peserta didik menerima dan memahami materi pembelajaran. Jadi sasaran utama dari penggunaan strategi dalam pembelajaran ini yaitu agar kegiatan pembelajaran dapat berhasil sesuai dengan apa yang direncanakan.
Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru dalam pembelajaran agar materi yang disampaikan dapat ditangkap dengan baik oleh peserta didik. Jenis metode pembelajaran sangat bermacam-macam, tinggal bagaimana seorang guru menggunakan metode mana yang sesuai dengan rencana yang dibuatnya.
Teknik pembelajaran adalah penerapan dari pemilihan strategi dan metode yang akan digunakan dalam pembelajaran. Meskipun masing-masing guru menggunakan metode yang sama namun dalam proses pembelajaran mereka dapat menggunakan teknik yang berbeda. Dengan kata lain bahwa teknik merupakan isi dari suatu metode, namun tidak ditentukan secara pasti teknik seperti apa yang akan digunakan karena tergantung dari pribadi gurunya.
Macam strategi dalam pembelajaran antara lain strategi pemecahan masalah soal, pembelajaran kuantum, pembelajaran siklus, pembelajaran kooperatif dan lain-lain yang di dalamnya memuat berbagai metode dan teknik pembelajaran. Dengan kata lain, metode dan teknik pembelajaran merupakan bagian dari strategi pembelajaran.
Masing-masing strategi dan metode pembelajaran tersebut tentu banyak sekali kekurangan dan kelebihannya. Untuk itu dalam praktik pembelajaran, guru harus pandai-pandai memadukan metode yang satu dengan metode lain untuk menyesuaikan dengan materi atau kondisi peserta didik sehingga dapat terjadi suatu pembaruan dalam proses pembelajaran dan menghasilkan pembelajaran yang bermakna.
Jadi dapat digambarkan bahwa hubungan antara strategi, tujuan, dan metode pembelajaran merupakan suatu kesatuan sistem yang bertitik tolak dari penentuan tujuan pembelajaran, pemilihan strategi pembelajaran, dan perumusan tujuan, yang kemudian diimplementasikan ke dalam berbagai metode yang relevan selama proses pembelajaran berlangsung
2)      Pembelajaran Aktif (Active Learning) dalam Kaitannya dengan Belajar Aktif 
Belajar aktif dapat memacu siswa agar bersemangat mengikuti pembelajaran. Salah satu pendekatan yang efektif untuk membuat siswa aktif belajar baik secara fisik maupun mental adalah pendekatan PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan). Ada beberapa hal yang harus diperhatikan guru saat melaksanakan PAKEM seperti pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar, penataan ruang dan organisasi kelas. Selain menggunakan PAKEM  guru juga dapat menggunakan model pembelajaran aktif. Model pembelajaran aktif (active learning)  adalah suatu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Model pembelajaran aktif memiliki banyak kelebihan-kelebihan.Banyak penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran aktif (active  learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 



3)      Cara Meningkatkan Belajar
Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas belajar siswa, yaitu:
a)  Kesiapan Fisik dan Mental. Bila siswa tidak siap belajar, maka pembelajaran akan     berlangsung sia-sia atau tidak efektif. Dengan siap fisik dan mental, maka siswa akan dapat belajar secara aktif.
b)  Tingkatkan Konsentrasi. Saat belajar berlangsung, konsentrasi menjadi faktor penentu   yang amat penting bagi keberhasilannya.
c)   Tingkatkan Minat dan Motivasi. Tidak akan ada keberhasilan belajar diraih apabila siswa tidak memiliki minat dan motivasi
d)  Gunakan Strategi Belajar. Menggunakan berbagai strategi belajar yang cocok sangat   penting agar perolehan hasil belajar menjadi maksimal.
e)  Belajar Sesuai Gaya Belajar. Setiap individu demikian pula siswa memiliki gaya belajar dan jenis kecerdasan dominan yang berbeda-beda. Guru harus mampu memberikan situasi dan suasana belajar yang memungkinkan agar semua gaya belajar siswa terakomodasi dengan baik. Pemilihan strategi, metode, teknik dan model pembelajaran yang sesuai akan sangat berpengaruh
f)  Belajar Secara Holistik (menyeluruh), mempelajari sesuatu tidak bisa sepotong-sepotong. Informasi yang dipelajari harus utuh dan menyeluruh. Perlu untuk menekankan hal ini kepada siswa, agar mereka belajar secara holistik tentang materi yang sedang mereka pelajari. Pengetahuan akan informasi secara holistik dan utuh akan membuat belajar lebih bermakna.
g)  Berbagi pengetahuan yang baru atau sudah dimiliki akan menjadikan informasi atau pengetahuan itu terelaborasi dengan mantap.
h)  Uji Hasil Belajar. Ujian atau tes hasil belajar penting karena ia dapat menjadi umpan balik kepada siswa yang bersangkutan sampai sejauh mana penguasaan mereka terhadap suatu materi belajar. Siswa menjadi mempunyai peta kekuatan dan kelemahan hasil belajar mereka sehingga mereka dapat memperbaiki atau memperkayanya.

4)      Ciri-ciri siswa yang aktif belajar
Semua siswa yang sedang belajar secara aktif mempunyai ciri-ciri yang dapat dengan mudah diamati. Ciri-ciri tersebut yaitu:
a)  Pengetahuan dialami, dipelajari, dan ditemukan oleh siswa, dimana siswa yang aktif belajar selalu menemukan pengetahuan, informasi, atau keterampilan dengan mengalami langsung. 
b)  Siswa melakukan sesuatu untuk memahami materi pelajaran (membangun pemahaman);
c)  Siswa berpikir reflektif. Siswa-siswa yang belajar secara aktif tampak pula mengomentari (tidak hanya meminta untuk dikomentari),menyimpulkan  proses pembelajaran, mencoba memperbaiki kesalahan atau kekurangan dalam proses pembelajarannya, dan menyimpulkan  materi pembelajaran dengan kata-katanya sendiri  
5)       Macam-macam Strategi Pembelajaran 
Ada berbagai strategi pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan pembelajaran siswa. Di bawah ini disebutkan beberapa cara untuk menjadikan pembelajaran guru menjadi lebih menarik, diantaranya :
a)  Pembelajaran Aktif (Active Learning).Pembelajaran Aktif - Pembelajaran Aktif adalah segala sesuatu yang dilakukan siswa di kelas selain hanya pasif mendengarkan ceramah seorang guru. Penelitian menunjukkan bahwa belajar aktif meningkatkan pemahaman siswa dan penyimpanan informasi dan sangat efektif dalam mengembangkan keterampilan kognitif yang lebih tinggi, seperti pemecahan masalah dan berpikir kritis.
b)  Clicker. Clicker memungkinkan guru untuk secara cepat mengumpulkan dan meringkas tanggapan siswa untuk pertanyaan pilihan ganda.
c)   Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Pembelajaran Kooperatif / Cooperative Learning - Pembelajaran kooperatif dan kolaboratif merupakan pendekatan pembelajaran di mana siswa bekerja sama dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran harus secara hati-hati direncanakan dan dilaksanakan, dan dalam pelaksanaannya tersebut, pembelajaran kooperatif tidak memerlukan kelompok permanen.
d)  Berpikir Kritis(Critical Thinking). Berpikir Kritis - Berpikir kritis adalah kumpulan kegiatan mental (pikiran) yang mencakup kemampuan untuk berintuisi, mengklarifikasi, merenung, menghubungkan, menyimpulkan, dan menilai. Guru harus membawa kegiatan berpikir kritis ini secara bersama-sama dan memungkinkan siswa untuk mempertanyakan materi pembelajaran/pengetahuan yang ada.
e)  Diskusi (Discussion) Strategi Diskusi - Melibatkan siswa dalam diskusi akan memperdalam proses pembelajaran dan memotivasi mereka, dengan jalan mendorong mereka untuk mengembangkan pendapat dan pandangan mereka sendiri dan mendengar suara mereka sendiri. Sebuah lingkungan yang baik untuk interaksi dalam strategi diskusi sangat diperlukan untuk mendorong siswa agar mau dan mampu berbicara.
6). Ciri-ciri Metode Mengajar yang Efektif
Ada beberapa ciri yang dapat membuat kita dapat menilai sebuah metode mengajar apakah efektif atau tidak untuk suatu pembelajaran. Berikut dipaparkan beberapa Ciriciri metode mengajar yang efektif:
a.       Mengembangkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran
b.      Membuat siswa menjadi memiliki rasa ingin tahu. Membuat siswa menjadi tertantang.
c.       Membuat siswa aktif secara mental, fisik, dan psikis
d.      Membantu siswa tumbuh kreatif. 
e.       Mudah dilaksanakan oleh guru. menggunakan metode-metode mengajar yang mudah dan tidak membutuhkan kerja keras semata.
7). Cara Menentukan Strategi, Metode, Pendekatan, dan Teknik Pembelajaran yang Efektif.
Untuk menentukan atau memilih pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang sesuai, maka guru harus memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa hal, seperti:
a)      Kesesuaian pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran dengan tujuan pembelajaran.
b)      Kesesuaian pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran dengan materi pembelajaran
c)      Ketersediaan media, alat, bahan, dan sumber belajar. 
Beberapa pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran mungkin sangat ideal untuk dipilih, tetapi sebelum benar-benar memilihnya, guru kembali harus memperhatikan ketersedian media pembelajaran, alat, bahan, dan sumber belajar. 
Cara menentukan strategi, metode, pendekatan, dan teknik pembelajaran dilihat dari :
a)      Kemampuan Siswa
b)      Gaya belajar siswa.
c)      Ketersediaan waktu.
d)     Jaminan adanya variasi.
e)      Jaminan adanya interaksi antara guru-siswa, siswa-guru, dan siswa-siswa.

Komentar

  1. Nama Penguji: Putri Ahmad
    Negara: Indonesia
    Alamat: Surabaya
    Pinjaman: Rp100.000.000
    Bank Rakyat Indonesia
    Putri: putriitaahmad@gmail.com

    Hubungi Mrs. RIKA ANDERSON
    Email: Support@rikaandersonloancompany.com
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    www.wasap.my/+19295260086/RikaAndersonloancompany
    Whatsapp: +1(929)526-0086

    Am Putri Ahmad dari kota Surabaya. Saya kehilangan sekitar 7 juta karena saya butuh modal besar sekitar Rp100.000.000 juta. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan putra saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini.

    Saya bertemu dengan teman online Margaretha Asmara dengan email margarethaasmaran@gmail.com dan saya juga menghubungi ibu Nisrina Endang di email facebook endangnisrina@gmail.com yang memberikan kesaksian dan memperkenalkan saya kepada ibu yang baik, Mrs. Rika Anderson dari RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang akhirnya membantu saya beberapa hari yang lalu saya mendapat pinjaman 100 juta dari perusahaan.

    Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman dan ingin mendapatkan pinjaman dengan cepat. Saya melihat orang-orang membagikan kesaksian mereka di blog ini dan saya memutuskan untuk juga menceritakan kisah saya. Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini jika Anda memiliki keraguan atau saran. Semoga Allah memberkati kita semua dan membawa kita ke penolong keuangan yang baik.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer